Mau Jadi Penyanyi? Ini 5 Cara Latihan Vokal Sendiri di Rumah
By: Date: 24 Oktober 2020 Categories: latihan vokal,Menyanyi,Penyanyi

Suara.com – Meski hanya berkegiatan di rumah, bukan berarti Anda tak bisa mengembangkan talenta. Terutama buat Anda yang bercita-cita jadi penyanyi, Anda bisa, lho, mengisi kegiatan dengan latihan vokal sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips dari Likee berikut, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com, Sabtu (24/10/2020).

1. Terapkan teknik pernapasan serta postur tubuh yang tepat
Sebelum mulai latihan vokal, Anda harus mempelajari cara pernapasan yang benar. Sebagian besar teknik bernyanyi bersandar pada cara Anda mengontrol waktu pernapasan. Anda dapat mulai membiasakan diri dengan menarik napas yang dalam menggunakan perut, kemudian membuangnya secara perlahan. Ketika bernyanyi nanti, pastikan Anda sempat mengambil napas sebelum menyanyikan baris yang baru.

Postur tubuh yang benar juga memudahkan Anda untuk bernyanyi dengan lebih mudah. Layaknya olahraga, postur tubuh yang baik dapat memaksimalkan fisik Anda dalam bernyanyi. Pertama-tama, tegakkan punggung sehingga dapat memudahkan pernapasan. Anda juga dapat memudahkan pernapasan dan teknik bernyanyi dengan menjaga agar badan selalu dalam keadaan santai. Usahakan agar tidak tegang ketika hendak bernyanyi. Selain itu, Anda juga harus membuka langit-langit mulut sehingga aliran udara akan lebih banyak.

2. Biasakan untuk pemanasan sebelum bernyanyi
Pemanasan yang baik dapat memudahkan Anda mencapai nada tertentu, serta mengurangi risiko cedera pada tenggorokan. Pastikan pemanasan Anda mencakup nada rendah dan tinggi, sehingga membantu tenggorokan lebih rileks.

Baca Juga:
Studi Universitas Lund: Menyanyi dengan Keras Bisa Menyebarkan Virus Corona

Ingat juga, jika pemanasan tidak perlu menghasilkan suara yang bagus. Yang penting, Anda dapat meregangkan sudut mulut sebesar-besarnya ketika pemanasan dan melatih getaran lidah ketika memulai nada tertinggi hingga turun ke nada rendah.

3. Kenali karakter vokal diri sendiri
Setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mengenali suara sendiri dapat membantu Anda dalam memaksimalkan kualitas suara. Pertama-tama, Anda harus mengetahui rentang vokal. Jangan paksakan diri Anda untuk mencapai nada-nada di luar batasan.

Selain itu, harus juga melatih pelafalan ketika bernyanyi. Pelafalan yang baik akan membantu pendengar mengerti apa yang Anda ucapkan ketika bernyanyi. Penghayatan yang baik juga diperlukan dalam bernyanyi, sehingga pesan dari lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar.

4. Sempatkan latihan di sela-sela kesibukan
Kunci sukses menjadi penyanyi adalah dengan mempraktikkannya setiap hari. Anda dapat bernyanyi dengan lagu favorit. Anda juga dapat mencoba bernyanyi dengan karaoke, alias tanpa suara vokalis asli. Intinya, jangan lupa untuk mengasah suara dan membiasakan diri bernyanyi setiap harinya.

5. Pelajari tips dari penyanyi profesional
Selain mengikuti langkah-langkah di atas, Anda juga bisa mencari tips yang diberikan oleh penyanyi profesional. Di era teknologi ini, Anda dapat mencari video tutorial dan pengalaman yang dibagi oleh penyanyi terkenal.

Baca Juga:
Menyanyi Bersama Si Suara Seksi Miss Popular 2019, Putri Safira

Bisa disimak tips dan pengalaman bernyanyi para publik figur seperti Vicky Shu, Aura Kasih, dan Tasya Rosmala, yang kerap membagikan kiatnya dalam video yang mereka diungguh di akun Likee pribadi mereka. Video tersebut dibuat dalam rangka kegiatan #LikeeMusicAcademy, di mana para penyanyi profesional membagikan tips bernyanyi untuk pengguna.

Let’s block ads! (Why?)