Meme Kocak Foto Teleskop James Webb, Elon Musk Dituding Mengekor – CNN Indonesia
By: Date: 16 Juli 2022 Categories: Sains

Jakarta, CNN Indonesia

Teleskop James Webb langsung menghasilkan deretan gambar semesta jauh yang jernih melampaui pendahulunya, Teleskop Hubble. Hal ini memicu keusilan warganet, tak terkecuali Elon Musk, akun pemilik 100 juta pengikut.

Foto yang paling terdahulu dirilis adalah SMACS 0723, gugus galaksi terjauh yang pernah difoto manusia. Ia berjarak 4,6 miliar tahun cahaya dari Bumi. Selain itu, James Webb menampilkan empat fenomena langit lainnya yang tak kalah spektakuler.

Selain SMACS 0723 empat foto lain yang ditampilkan James Webb yakni Cincin Nebula Selatan, Planet Ekstrasurya WASP-96b, Kuintet Stephan, dan Nebula Carina.



Warganet pun punya cara sendiri bereaksi terhadap hasil foto dari James Webb. Beberapa dari mereka, termasuk CEO SpaceX Elon Musk menjadikannya bahan candaan dalam bentuk meme.

Pria terkaya di dunia itu menyamakan hasil foto pertama James Webb dengan motif meja dapur, dengan meme yang bertuliskan “Nice Try, NASA”.

Namun, sejumlah warganet menduga unggahan meme dari Musk itu hasil mencomot dari netizen lain.

Terlepas dari itu, Musk merupakan sosok yang mengagumi potensi James Webb. “Excited about @NASAWebb potential!,” kicaunya, yang merupakan CEO SpaceX, perusahaan antariksa yang kerja bareng NASA.

Tak cuma meme meja dapur, akun @JeffWhi18664651 melempar guyonan bahwa foto gugus galaksi terjauh itu sebenarnya adalah latar belakang foto yang lazim digunakan di era 80-an.

“NASA hanya menggunakan latar dari foto tahun 80an seolah-olah kita tidak akan menyadarinya,” kicau dia.

Tak ketinggalan, akun @AmirhamziS menyindir teknologi CCTV dengan membandingkannya dengan teknologi James Webb.

Spiderman versi Tobey Maguire pun turut eksis. Akun @stephanevw membandingkan hasil jepretan Webb dan Hubble serta menyamakannya dengan Peter Parker yang berkacamata dan tanpa kacamata minus.

Terakhir, akun @ClarissaDeLune menyebut hasil kerja teleskop James Webb membuat dunia sedikit semringah di tengah berbagai kekacauan.

(lth/arh)

[Gambas:Video CNN]