Mendukung Kegiatan Donor Darah PMI: Farmaku Hadir dengan Tes Kesehatan Gratis
By: Date: 7 Juli 2023 Categories: berita kesehatan

Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar kegiatan rutin donor darah di Wang Plaza, Jakarta Barat. Sebagai bentuk dukungan, Farmaku turut berkontribusi menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk menarik minat pendonor.

Mendukung Kegiatan Donor Darah PMI: Farmaku Hadir dengan Tes Kesehatan Gratis

Kegiatan Donor Darah Membantu PMI Lebih Dekat dengan Masyarakat

PMI Kota Jakarta Barat menyelenggarakan kegiatan donor darah di Wang Plaza Lt. 2, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta pada hari Kamis (6/7/2023). Setidaknya sebanyak 100 peserta ikut menjadi pendonor.

Unit Donor Darah adalah salah satu unit kerja dari Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Tugasnya adalah meningkatkan kesehatan dengan pengelolaan darah yang berkualitas serta mewujudkan pelayanan penyediaan darah yang aman, tepat waktu, terjangkau, dan berkesinambungan.

“Donor darah memang rutin (diselenggarakan). Biasanya setiap empat bulan atau tiga bulan sekali di sini sudah pasti diadain” ujar Yaya, selaku perwakilan dari PMI Kota Jakarta Barat.

Menurutnya, kegiatan rutin ini diharapkan dapat membantu memfasilitasi masyarakat yang ingin mendonor dan membantu ketersediaan pasokan darah bagi mereka yang membutuhkan.

Alfina (23), salah seorang pendonor, mengamini hal tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif karena baik bagi kesehatan dan bisa membantu orang-orang yang membutuhkan darah.

Baca Juga: Farmaku Raih Top Official Store Award 2021, Bukti Eksistensi di Marketplace

Farmaku Berikan Dukungan Melalui Cek Kesehatan Gratis

Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan tersebut, Farmaku menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk menarik minat pendonor dalam acara tersebut. Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah, dan kadar asam urat.

“Saya sangat berharap acara ini banyak diselenggarakan di banyak tempat. Biar lebih banyak orang yang peduli untuk mendonorkan darahnya” ungkap Sofi Oktavia, Marketing Manager Farmaku.

Selain memfasilitasi cek kesehatan, Farmaku juga turut menghadirkan booth yang berisi suplemen dan vitamin, serta berbagai produk perawatan kesehatan dan produk kecantikan.

Baca Juga: Jangkau Masyarakat Jakarta Utara, Farmaku Buka Cabang di Kelapa Gading Square

Sejumlah Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Donor darah tidak hanya membantu menyediakan suplai darah bagi mereka yang membutuhkan. Faktanya, manfaat donor darah untuk pendonor pun tidak main-main.

Sejumlah manfaat donor darah yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Mengetahui Kondisi Kesehatan

Sebelum darah diambil, pendonor akan menjalani serangkaian pemeriksaan, seperti pemeriksaan fisik dan tes darah. Meski bukan pemeriksaan mendalam, hal ini bisa membantu mengidentifikasi adanya masalah kesehatan atau penyakit tertentu.

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan, meliputi:

  • Tekanan darah.
  • Suhu tubuh.
  • Detak jantung.
  • Kadar hemoglobin atau zat besi.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya masalah, maka donor darah tidak dapat dilakukan.

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat donor darah berikutnya adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Hal ini berhubungan dengan penurunan cadangan zat besi di tubuh saat seseorang rutin melakukan donor.

Simpanan zat besi di tubuh dalam jumlah banyak dianggap dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Namun, mengenai manfaat yang satu ini, banyak penelitian yang dilakukan masih memiliki hasil yang bertentangan.

3. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Bagi yang memiliki masalah darah tinggi, Anda mungkin khawatir saat akan melakukan donor darah. Padahal, beberapa penelitian menemukan bahwa hal ini dapat mengurangi tekanan darah.

Hanya saja, manfaat donor darah ini masih perlu dikaji ulang. Pasalnya, terdapat penelitian lain mematahkan anggapan tersebut.

Baca Juga#AksiSehatCeria Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Donor Darah

4. Membantu Membakar Kalori

Siapa sangka, manfaat donor darah bagi kesehatan dapat membantu membakar kalori tubuh. Ya, menjadi pendonor ternyata mampu membakar sekitar 650 kalori.

Jumlah kalori yang terbakar tersebut sudah lebih dari cukup untuk membantu mengurangi bobot tubuh.

Hanya saja, Anda tidak bisa menjadikannya pilihan utama untuk menurunkan berat badan. Tetap lakukan olahraga rutin dan terapkan hidup sehat supaya berat badan ideal yang diidam-idamkan tercapai.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain ternyata akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Hal ini termasuk ketika Anda mendonorkan darah.

Menurut sebuah laporanMental Health Foundation, membantu orang lain dapat mendatangkan sejumlah manfaat berikut:

  • Mengurangi stres.
  • Membantu menghilangkan perasaan negatif.
  • Meningkatkan mood.
  • Menghindari perasaan terisolasi.
  • Mendatangkan manfaat bagi kesehatan fisik.

Nah, itulah sederet manfaat donor darah yang sayang untuk dilewatkan. Tertarik menjadi pendonor? Anda bisa melakukannya secara rutin di PMI atau rumah sakit terdekat.

  1. Anonim. Informasi Manfaat Donor. https://utdpmidkijakarta.or.id/informasi/informasi-manfaat-donor. (Diakses pada 6 Juli 2023).
  2. Nall, Rachel. 2023. Advantages and Disadvantages of Donating Blood. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319366#what-are-the-disadvantages-of-donating-blood. (Diakses pada 6 Juli 2023).
  3. Santos-Longhurst. 2023. The Benefits of Donating Blood. https://www.healthline.com/health/benefits-of-donating-blood. (Diakses pada 6 Juli 2023).

DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

https://doktersehat.com/informasi/berita-kesehatan/mendukung-kegiatan-donor-darah-pmi-farmaku-hadir-dengan-tes-kesehatan-gratis/