Mengapa Autoimun Lebih Banyak Menyerang Wanita Daripada Pria?
By: Date: 2 Februari 2024 Categories: Uncategorized

Suara.com – Selama beberapa tahun terakhir, kasus gangguan autoimun di tengah masyarakat mengalami peningkatan. Meski disebabkan oleh faktor genetik, namun saat dilihat, ternyata wanita lebih rentan dengan penyakit ini. 

Menurut dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Kepala Klinik ALIVE Eka Hospital BSD Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, jika dihitung, perbandingan antara pria dan wanita yang mengidap autoimun adalah 8:1. Mengapa demikian?

Dijelaskan dr. Iris, penyebabnya adalah hormon estrogen yang dimiliki wanita. Seringkali kata dia, hormon ini tidak stabil sehingga penyebabkan penyakit autoimun pada wanita. 

Salah satunya Rheumatoid Arthritis (RA) yang banyak dialami oleh ibu saat hamil atau setelah melahirkan. Ini adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehatnya sendiri.

“Selain itu, saat hamil misalnya hormon juga jadi lebih tidak stabil. Tentu ini semakin memicu autoimun yang memang sudah ada bakat di tubuh semua manusia,” kata dia.

Wanita kata dr. Iris juga memiliki dua kromosom X di tubuhnya. Sementara laki-laki hanya memiliki satu kromosom untuk masing-masing X dan Y.

Sistem kromosom X bisa saja mengalami kecacatan. Ketika wanita memiliki dua kromosom X di tubuhnya dan salah satu mengalami cacat, jelas dr. Iris, maka mereka lebih rentan terhadap penyakit autoimun.

Autoimun sendiri adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Ada lebih dari 100 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Beberapa penyakit di antaranya memiliki gejala serupa, seperti lelah, nyeri otot, dan demam.

Untuk itu, kata dr. Iris untuk menegakkan diagnosa terhadap penyakit ini cukup sulit karena antara satu dengan yang lain memiliki gejala yang berbeda. Fenomena ini menyoroti perlunya penyediaan layanan kesehatan yang khusus menangani berbagai gangguan kesehatan secara komprehensif.

Hal inilah yang membuat Eka Hospital Group dengan bangga meluncurkan layanan terbaru yaitu Allergy Immunology Autoimmune & Vaccine Clinic (ALIVE) yang merupakan fasilitas kesehatan terkemuka yang mengkhususkan diri dalam diagnosis, pengobatan, dan manajemen kondisi alergi, imunologi, autoimun serta vaksin center.

“ALIVE hadir sebagai respons terhadap tuntutan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. ALIVE memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam penanganan alergi, immunologi, dan penyakit autoimun, serta memberikan pelayanan vaksinasi yang optimal,” tutup dia.

https://www.suara.com/health/2024/02/02/102639/mengapa-autoimun-lebih-banyak-menyerang-wanita-daripada-pria