Mengapa Kasus Cacar Monyet Tiba-tiba Muncul di Seluruh Dunia, Mungkinkah Ada Mutasi Virus? – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 24 Mei 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

KOMPAS.com – Kemunculan cacar monyet yang tiba-tiba di beberapa negara, menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana virus, yang kerap ditemukan di Afrika tengah dan barat itu, berhasil menyebar.

Banyak pakar kesehatan mengatakan kasus cacar monyet di 12 negara tidak perlu membuat panik. Sebab, virus ini jauh lebih tidak menular daripada penyakit seperti Covid dan jarang berakibat fatal.

Meski demikian, penyebarannya yang meluas ke berbagai negara saat ini tetap dinilai sangat tidak biasa.

Baca juga: WHO: Vaksin Cacar Monyet Belum Diperlukan dan Ada Efek Sampingnya

Pertama kali diidentifikasi pada 1970, kasus cacar monyet biasanya hanya terjadi di luar Afrika tengah dan barat ketika seorang pelancong terinfeksi di sana dan kemudian kembali ke rumah.

Kasus-kasus ini biasanya tidak menyebabkan wabah yang lebih luas.

Dalam kasus lain yang jarang terjadi, hewan peliharaan impor terinfeksi dari hewan seperti hewan pengerat yang diyakini sebagai sumber penularan, kemudian menginfeksi pemiliknya.

Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus meningkat di negara-negara non-endemik, tanpa hubungan dengan perjalanan atau hewan yang diidentifikasi dalam sebagian besar kasus ini.

Lantas apa saja teori utama tentang mengapa kasus cacar monyet tiba-tiba muncul di seluruh dunia kali ini?

Baca juga: WHO: Cacar Monyet Termasuk Tantangan Berat Dunia, Sebesar Apa Bahayanya?

Perlindungan dari vaksin cacar berkurang

Prof Raina MacIntyre, yang mengepalai program biosekuriti di Institut Kirby, mengatakan kepada Medical Journal of Australia bahwa “berkurangnya kekebalan dari vaksinasi cacar mungkin berkontribusi pada meningkatnya wabah cacar monyet”.

“Sudah lebih dari 40-50 tahun sejak vaksinasi massal dihentikan,” katanya sebagaimana dilansir Guardian pada Senin (23/5/2022).

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!