Mengapa Saat Lapar Kita Juga Merasa Mual?
By: Date: 28 Oktober 2019 Categories: Informasi Kesehatan,Kesehatan Umum,lapar,mengatasi mual,mual,penyebab mual
pusing-mual-lapar-doktersehat
Photo Source: Flickr/avenueg

DokterSehat.Com– Lapar adalah hal yang wajar kita rasakan saat ingin mengonsumsi makanan. Masalahnya adalah terkadang kita juga merasakan sensasi lainnya saat lapar, yakni mual-mual. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya sensasi mual saat lapar ini?

Penyebab Mual Saat Lapar

Pakar kesehatan menyebut sensasi lapar yang disertai dengan mual seringkali terjadi akibat perut yang kosong dalam waktu yang terlalu lama. Sebagai contoh, jika kita melewatkan makanan dan terakhir kali mengonsumsi makanan 15 jam sebelumnya, maka risiko terkena kelaparan dengan sensasi mual akan meningkat.

Christina Lee, ahli pencernaan dari Cleveland Clinic menyebut perut yang berada dalam kondisi kosong akan membuat peningkatan produksi asam klorida. Hal inilah yang bisa menyebabkan sensasi mual dan peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Jika sampai asam lambung ini sampai ke kerongkongan, sensasi mual dan tidak nyaman pada tubuh akan semakin terasa.

Selain itu, jika kita melewatkan waktu makan sehingga perut berada dalam kondisi kosong dalam waktu yang terlalu lama, maka akan menyebabkan kekacauan hormon ghrelin dan leptin, dua jenis hormon yang mempengaruhi keinginan makan dan merasa kenyang. Hal ini ikut mempengaruhi kondisi di dalam lambung, termasuk produksi asam yang akhirnya berimbas pada munculnya rasa mual.

Bagi sebagian orang yang sensitif pencernaannya, sedikit telat makan saja sudah cukup untuk membuat sensasi mual ini muncul. Selain itu, bisa jadi hal ini juga terkait dengan masalah sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, gangguan kolesterol, hingga masalah pada tekanan darah yang sebaiknya diwasapadai.

Mengatasi Mual Tanpa Obat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mual dengan efektif tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Mengonsumsi Jahe

Tak harus minum jahe hangat, kita bisa mengonsumsi produk makanan atau minuman yang terbuat dari jahe seperti permen jahet untuk mengatasi rasa nyeri. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengatasi rasa nyeri dan gangguan pencernaan dengan efektif.

Pakar kesehatan Lauren Richter dari University of Maryland School of Medicine, Amerika Serikat bahkan menyebut konsumsi jahe cukup efektif untuk mengatasi mual yang dialami oleh ibu hamil.

  1. Mengonsumsi Teh Chamomile

Teh Chamomile adalah salah satu jenis teh yang paling baik bagi kesehatan. Minuman herbal ini bisa mengatasi sensasi mual, diare, hingga mabuk perjalanan dengan efektif karena kemampuannya dalam membuat gas di dalam perut menurun, membuat perut menjadi lebih tenang, dan membuat usus menjadi lebih rileks.

  1. Menghirup Aroma Lemon

Aroma lemon yang bisa didapatkan dalam sejenis minyak esensial ternyata bisa membantu mengatasi mual-mual pada ibu hamil. Selain itu, kita juga bisa mengiris lemon dan menghirup aromanya demi memberikan manfaat yang sama.

  1. Melatih Pernapasan

Melakukan latihan pernapasan seperti menarik dan mengeluarkan napas dalam secara bergantian bisa membantu mengatasi mual.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Bisa Membuat Perut Nyaman

Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat perut nyaman seperit buah pisang, bubur, dan biskuit. Konsumsilah dengan porsi yang sedikit demi menetralkan asam lambung dengan cepat.

Kita juga bisa memperbanyak asupan air putih demi mengatasi dehidrasi sekaligus membuat masalah lapar dan mual bisa menghilang.

  1. Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Saat mual-mual, sebaiknya menghindari gorengan, kopi, minuman bersoda, atau makanan pedas yang justru bisa memperburuk kondisi saluran pencernaan.

Sumber:

  1. Currin, Grant. 2019. Why Does Hunger Sometimes Cause Nausea?. com/why-nauseous-when-hungry.html. (Diakses pada 28 Oktober 2019).

Let’s block ads! (Why?)