Mengenal Cabang Ilmu Astronomi Lengkap dengan Penjelasan Singkatnya – kumparan.com – kumparan.com
By: Date: 31 Agustus 2022 Categories: Sains
Cabang ilmu astronomi. Sumber: unsplash.com

ADVERTISEMENT

Astronomi merupakan ilmu yang fokus mempelajari tentang benda-benda yang ada di langit. Adapun ilmu astronomi sendiri berawal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana awal mula alam semesta terbentuk. Bicara tentang astronomi tentu tidak terlepas dari cabang ilmunya yang sangat beragam. Lantas, apa saja cabang ilmu astronomi? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

Penjelasan Singkat tentang Cabang Ilmu Astronomi

Cabang ilmu astronomi. Sumber: unsplash.com
Mengutip dari buku Astronomi Islam: Book Chapter Astronomi Islam karya Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, Hariyadi Putraga, dan Abu Yazid Raisal (2021), berikut ini adalah berbagai cabang ilmu astronomi yang menarik untuk dipelajari.

1. Astrofisika

Astrofisika adalah ilmu yang menerapkan prinsip fisika dalam astronomi. Secara umum, astrofisika hampir mirip dengan geofisika. Namun, ilmu ini fokus menghubungkan proses dan sifat fisik dengan bintang, benda langit, dan juga berbagai ruang di sekitarnya.

2. Astrometri

Astrometri adalah ilmu yang fokus pada posisi tepat benda langit. Ilmu ini juga bisa diartikan sebagai proses memetakan benda langit. Selain itu, astrometri juga memberikan kerangka acuan yang digunakan untuk melihat pergerakan bintang dan objek individu di ruang angkasa.

ADVERTISEMENT

3. Astrogeologi

Astrogeologi berkaitan erat dengan eksogeologi. Kedua ilmu ini berfokus pada bagaimana geologi mampu berhubungan dengan benda langit. Misalnya, bulan, asteroid, meteorit, dan juga komet. Beberapa ilmu turunan dari astrogeologi antara lain areologi yang mempelajari bagaimana geologi disusun di Mars; selenografi yang mempelajari ciri fisik di bulan; dan ekogeologi yang mempelajari hubungan geologi dengan benda langit.

4. Astrobiologi

Astrobiologi fokus melibatkan pencarian kehidupan yang ada di luar bumi. Beberapa pertanyaan yang kerap muncul dari cabang ilmu ini antara lain apa asal mula dan evolusi kehidupan?, apakah ada kehidupan di planet lain selain bumi?, hingga lingkungan mana di alam semesta yang bisa mendukung kehidupan?

Itu dia penjelasan singkat tentang empat cabang ilmu astronomi yang sangat menarik untuk diketahui. Jika Anda punya minat dan ketertarikan besar terhadap ilmu astronomi, pastikan tidak ketinggalan mempelajari keempat cabang ilmunya, ya. (Anne)

ADVERTISEMENT