Menguak Jenis Kopi yang Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan – CNN Indonesia
By: Date: 14 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia

Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia yang memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari meningkatkan energi dan fungsi otak, menurunkan risiko kanker dan diabetes tipe 2, hingga membantu menurunkan berat badan.

Berikut jenis kopi yang ampuh membantu menurunkan berat badan.

Tidak semua jenis kopi bisa membantu menurunkan berat badan. Contohnya, kopi yang ditambahkan pemanis dan bermacam-macam topping, seperti whipped cream, sirup karamel, dan lainnya.


Lalu, jenis kopi apa yang bermanfaat membantu menurunkan berat badan?

Jenis kopi terbaik yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah kopi hitam.

Sebagaimana dilansir Eat This! Not That, seorang ahli diet Donald Mankie mengatakan, kopi hitam adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Senada dengan Mankie, ahli gizi Ashley Shaw pun menyebutkan manfaat tersebut.

“Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan,” papar Shaw kepada Insider.

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, kopi juga mengandung kafein yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat membantu penurunan berat badan.

Berikut berikut adalah beberapa manfaat kopi hitam untuk menurunkan berat badan.

1. Minuman rendah kalori

Kopi hitam adalah minuman rendah kalori. Penurunan berat badan dikaitkan dengan defisit kalori, yaitu ketika kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh.

Cara populer untuk membantu mencapai defisit kalori adalah dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada asupan kalori biasa.

Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum ketika hendak menurunkan berat badan. Sebab, kopi mengandung kurang dari 5 kalori per porsi.

Namun, lagi-lagi, kopi hitam hanya akan menjadi rendah kalori jika tidak ditambahkan bahan lainnya.

“Meskipun kopi hitam rendah kalori, kopi hitam dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya,” kata Shaw.

2. Kafein tingkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari.

Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR), juga dikenal sebagai tingkat di mana tubuh membakar kalori saat beristirahat.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai takaran kopi selama dua bulan memiliki metabolit, produk metabolisme, yang lebih besar.

Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan kamu untuk membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Klik di sini untuk membaca manfaat kopi hitam lainnya dalam penurunan berat badan.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]