Menkes Ingatkan Warga Tak Abai Prokes: Vaksin Tak Membuat Kebal Seperti Superman | merdeka.com – merdeka.com
By: Date: 30 Juni 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Merdeka.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan, masyarakat yang telah menjalani vaksinasi untuk tidak abai menjalankan protokol kesehatan. Sebab vaksin tidak membuat seseorang kebal 100% terhadap virus Corona.

“Kita harus ingat bahwa vaksin ini tidak membuat kita 100% kebal seperti Superman terhadap virus Covid-19,” katanya saat menyambut kedatangan 14 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac, Rabu (30/6).

Dia menjelaskan, vaksinasi hanya akan membuat tubuh manusia lebih tahan dan lebih cepat mengidentifikasi jika virus menyerang. Selain itu, guna vaksin juga bisa membuat tubuh lebih cepat merespons saat melawan virus tersebut.

“Sehingga orang yang divaksin masih bisa terkena virus Covid-19, tetapi yang tadinya penyakitnya berat akan menjadi ringan, orang yang harusnya sakitnya ringan dia akan menjadi tanpa gejala atau OTG atau asimtomatik,” ungkapnya.

Budi berharap, pesan pemerintah untuk tidak abai protokol kesehatan dapat dijalankan masyarakat yang telah divaksin. Budi percaya, dengan patuh maka akan semakin sedikit warga terpapar Covid-19 dan membantu pemerintah dalam pengendalian angka lonjakan kasus.

“Saya tekankan sekali lagi, bahwa vaksin ini tidak membuat kita kebal 100% seperti Superman, vaksin ini membuat daya tahan tubuh kita lebih baik,” tutupnya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]