Menkes RI Budi Gunadi Sadikin Raih Penghargaan Pahlawan Transformasi Kesehatan Indonesia, Ini Alasannya
By: Date: 18 Juli 2023 Categories: Menkes

Suara.com – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin baru-baru ini mendapat penghargaan Pahlawan Transformasi Kesehatan Indonesia . Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi sumbangsih dan keberaniannya dalam melakukan perubahan dalam Transformasi Kesehatan Indonesia. A

Dalam keterangannya, Wakil Ketua Umum PDSI, Prof. Dr. Deby Vinski MSc, PhD, menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, DPR Komisi IX, dan seluruh pihak yang turut mendukung dan mengesahkan UU OBL Kesehatan. 

Prof. Deby menyatakan rasa bangga dan kagum terhadap perjalanan Menkes dalam menghadapi tantangan dan mengemban Transformasi Kesehatan dengan sukses. Hal ini juga membangkitkan rasa haru karena ada seorang Menteri yang bukan berasal dari latar belakang dokter mampu dan bersedia melakukan transformasi yang diyakininya tak akan terjadi dalam 100 tahun ke depan jika bukan saat ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Raih penghargaan. (Dok: Istimewa)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Raih penghargaan. (Dok: Istimewa)

Dalam diskusi sebelum penandatanganan RUU OBL Kesehatan, Prof. Deby pernah mengungkapkan, “It’s now or never.” Ia dikenal sebagai sosok yang berani dan kuat dalam memberikan masukan serta dukungan kepada DPR RI Komisi IX dan tim Kemenkes.

Baca Juga:Hebat! Kabupaten Purwakarta Dapat 2 Penghargaan Sekaligus di Hari Keluarga Nasional 2023

PDSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Brigadir Jenderal TNI (Purn) Dr. Jajang Edi Priyatno, Sp.B., M.A.R.S., dan Sekretaris Jenderal Dr. Erfen Gustiawan Suwangto, Sp.KKLP, SH, MH (Kes), telah menyatakan tekad untuk mendukung pemerintah dalam melakukan perubahan yang matang dengan memberikan masukan yang berarti.

Ketua Umum PDSI dan Sekjen juga tidak hanya memberikan dukungan, tetapi juga memberikan masukan yang berarti. Brigjen Jajang menyatakan bahwa PDSI tidak mencari kekuasaan, dan Deby Vinski menekankan bahwa yang diutamakan bukanlah kepentingan kelompok atau organisasi, melainkan kepentingan masyarakat. Sesuai dengan visi dan misi PDSI, yaitu Bela NKRI, Bela Kesejawatan, dan Indonesia untuk dunia.

Dengan rendah hati, Deby Vinski menyatakan bahwa dengan disahkannya UU OBL Kesehatan, upaya keras dalam memajukan dunia kesehatan tanpa dominasi organisasi tunggal telah dimulai, perlindungan hukum akan semakin baik, perundungan akan berkurang, surat rekomendasi organisasi profesi menjadi hal yang positif, dan STR seumur hidup menjadi sebuah kemudahan.

Ini menurut Deby merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kemenkes yang dipimpin oleh Budi Gunadi Sadikin, yang akan menjadi catatan sejarah bagi bangsa Indonesia.

“Penghargaan ini sangat pantas untuk Pak Menkes yang telah mencatat sejarah,” kata Prof. Dr. Deby Vinski, MSc, PhD, srikandi PDSI yang satu-satunya perempuan di antara 12 tokoh pendiri PDSI.

Baca Juga:Berhasil Turunkan Stunting-Kemiskinan, Wali Kota Eri dan Ketua TP PKK Surabaya Raih Penghargaan Tertinggi dari BKKBN

“Ini saatnya kolaborasi dari semua pemangku kepentingan dengan tulus dan semangat untuk berjuang bersama demi Indonesia yang sehat dan kuat,” ujar Deby Vinski saat mengakhiri pembicaraannya dengan senyuman bahagia.

https://www.suara.com/health/2023/07/18/084200/menkes-ri-budi-gunadi-sadikin-raih-penghargaan-pahlawan-transformasi-kesehatan-indonesia-ini-alasannya