Meski Menemui Banyak Rintangan, Ternyata Menjalin Hubungan LDR Ada Manfaatnya
By: Date: 22 November 2019 Categories: harmonis,Hidup Sehat,hubungan jarak jauh,hubungan ldr,hubungan sehat,Seks & Asmara

Menjalani hubungan yang terpisah oleh jarak, atau biasa disebut sebagai LDR (Long Distance Relationship) menjadi sebuah tantangan tersendiri. Sulitnya menemukan waktu untuk bertemu hingga perbedaan waktu membuat hubungan cenderung rentan konflik. Terlepas dari kesulitannya, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari hubungan LDR. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Berbagai manfaat yang diperoleh dari menjalani LDR

Sebelum menjalaninya, banyak orang menganggap hubungan LDR adalah hubungan yang sulit untuk dijalani. Walaupun benar demikian, LDR ternyata punya manfaat penting baik untuk hubungan maupun bagi diri Anda dan pasangan.

Ini dia beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari hubungan jarak jauh. 

1. Memberikan kesempatan untuk berkembang

manfaat me time

Pasangan yang tidak menjalani LDR cenderung lebih sering melakukan suatu hal bersama, mulai dari mencari makan sampai menonton film.

Kedekatan ini bisa membuat Anda dan pasangan tak punya banyak waktu untuk mengembangkan diri. Pasalnya, hal ini bisa membuat Anda atau pasangan merasa ketergantungan.

Akibatnya, gerak Anda menjadi terbatas untuk melakukan banyak hal lainnya.

Sementara itu, jika Anda berada dalam hubungan LDR, tentu saja mau tidak mau Anda harus melakukan semuanya tanpa pasangan.

Waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk pacaran bisa digunakan untuk hal lainnya seperti mengejar karier atau melanjutkan hobi yang tertunda.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari LDR ini memang tidak terlalu berfokus pada hubungan.

Namun setidaknya, Anda bisa memperbaiki kualitas diri sendiri dan tidak menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan pasangan. 

2. Menghargai waktu yang dihabiskan bersama

liburan bersama pasangan

Bagi orang yang menjalani hubungan jarak jauh, waktu yang dihabiskan bersama-sama adalah sebuah momen yang harus dipergunakan secara maksimal.

Melepas rindu dan berbagi cerita saat jarak memisahkan jadi hal langka yang kerap sulit dilakukan karena kesibukan masing-masing. Oleh karena itu, menjalani LDR membuat Anda bisa lebih menghargai waktu.

Bahkan, menurut artikel dari Recherches sociologiques et anthropologiques, manfaat dari hubungan jarak jauh justru memperkuat kedekatan emosional. 

Mendekati waktu bertemu, Anda dan pasangan bisa saling membayangkan dan merencanakan hal apa yang akan dilakukan. Hal-hal seperti inilah yang secara tak langsung mendekatkan Anda dan pasangan secara emosional.

Jarak mengajarkan bahwa waktu adalah hal mahal yang harus dipergunakan sebaik-baiknya. 

3. Jika berhasil, hubungan Anda lebih kuat

harus ldr

LDR ternyata juga bisa meningkatkan rasa optimis dalam hubungan. Pasangan yang menjalani hubungan LDR biasanya cukup optimis bahwa mereka akan sampai di titik yang lebih serius.

Ini karena mereka merasa mampu melewati rintangan yang datang selama berhubungan jarak jauh.

Selain itu, komitmen yang dibangun sejak awal juga cukup menjadi alasan untuk bisa optimis menjalani hubungan ini.

Sebenarnya, manfaat dari hubungan jarak jauh atau LDR dapat diperoleh jika Anda dan pasangan benar-benar memperjuangkan hubungan ini.

Tidak sedikit orang yang berhenti di tengah jalan, tetapi banyak dari mereka yang merasakan pengorbanan selama ini membuahkan hasil.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)