Nggak Percaya Varian Baru Corona Lebih Menular? Wamenkes Beberkan Faktanya – detikHealth
By: Date: 28 Mei 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Berbagai varian baru virus Corona dikategorikan sebagai variant of concern (VoC), yang artinya diwaspadai. Salah satu alasannya adalah diduga punya kemampuan menular lebih cepat.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr Dante Saksono Harbuwono dalam rapat dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mencontohkan kasus penularan yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah. Dari 20 ABK (anak buah kapal) Filipina yang berlabuh dari India, ditemukan 14 kasus dengan salah satu VoC yakni varian B1617 asal India.

Pelacakan kontak terhadap 14 kasus tersebut menemukan adanya penularan pada 31 tenaga kesehatan. Berikutnya, dari 31 kasus pada nakes, ditemukan lagi 12 kasus pada nakes dan non nakes.

“Jadi ada 49 kasus yang tertular dari 14 kasus. Dari 14 kasus menjadi 49 kasus, artinya R0-nya atau laju penularannya kira-kira 3,35 kali lipat dibandingkan dengan target kita seharusnya R0-nya kurang dari 0,9 atau paling tinggi 1, kalau kita ingin mendefinisikan kasus itu tidak menular secara berat,” jelas Wamenkes, Kamis (27/5/2021).

Menurut Wamenkes, tingginya laju penularan akhir-akhir ini disebabkan oleh dua faktor utama. Selain karena faktor mobilitas warga selama musim mudik lebaran, juga faktor karakteristik virus yang memang lebih mudah menular.

“Jadi ini memperlihatkan bagaimana agresifnya penularan dari variant of concern ini kepada orang lain,” tegasnya.

Simak Video “Alasan WHO Tetapkan Corona India B1617 Sebagai ‘Variant of Concern’
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)