Obat Herbal Lebih Baik dari Obat Kimia? Ini Penjelasan dari Ahlinya – Makassar Terkini
By: Date: 5 Februari 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Terkini.id, Jakarta – Kerap menjadi pertanyaan apakah obat herbal lebih baik dari obat kimia? Begini penjelasan dari ahlinya.

Dilansir dari channel youtube Dr. Zicky Yombana, SpS, pada Sabtu, 5 Februari 2022, dirinya memberi pernyataan atas asumsi lebih baik obat herbal dari pada kimia.

“Ada yang berpendapat bahwa sesuatu (termasuk obat) yang berasal atau mengandung zat kimia itu tidak baik atau berbahaya,” ujar Zacky.


Baca Juga: Hadi Pranoto Jawab Sorotan Soal Gelar Profesor dan Obat Herbal…

“Tidak sepenuhnya kimia itu berbahaya, saya beri contoh sederhana, kita suka minum air? Air merupakan senyama kimia, yaitu H2O,” ujar Zacky melanjutkan.

“Bahkan, udara yang kita hirup itu semua termasuk kimia, oksigen, hidrogen, nitrogen,” ujar Zacky menegaskan.


Baca Juga: Pelajar SMA di Pinrang Temukan Obat Herbal Pencegahan Sel Kanker

Zacky menjelaskan bahwa zat kimia adalah bagian dari kehidupan, bahkan juga bagian dari alam.

Dokter Zicky mengatakan bahwa dirinya tidak setuju dengan istilah obat herbal dan obat kimia

“Saya tidak setuju dengan istilah obat herbal dan obat kimia, saya lebih setuju diistilahkan obat tradisional dan obat modern,” ujar Zacky.


Baca Juga: Pelajar SMA di Pinrang Temukan Obat Herbal Pencegahan Sel Kanker

Selanjutnya Zacky menjelaskan bahwa obat tradisional dan obat modern dibuat dari sumber yang sama, hanya proses dan pengemasannya yang berbeda.

“Obat herbal dan obat modern dibuat dari sumber yang sama, yaitu tumbuh-tumbuhan, hanya prosesnya yang berbeda,” ujar Zacky, menjelaskan.

“Obat tradisional diproses dengan cara tradisional, seperti ditumbuk atau direbus, sedangkan obat modern diproses dengan teknologi modern. Tujuannya sama, mengambil ekstrak dari tumbuhan untuk digunakan khasiatnya,” ujat Zacky melanjutkan.

Zacky juga mengatakan bahwa dirinya tidak anti terhadap obat herbal, namun dirinya menyarankan untuk memilih produsen obat herbal yang terpercaya.

“Saya tidak anti terhadap obat herbal, tapi sebaiknya jika memilih obat herbal, pastikan produsennya kompeten dan terpercaya,” ujar Zacky menegaskan.

Zacky menjelaskan tidak benar obat herbal atau tradisional lebih baik dari obat moderm atau kedokteran, keduanya sama-sama bermanfaat apabila produsennya kompeten dan terpercaya.