Onkologi: Definisi, Jenis, Tugas Ahli, Tahapan, dll
By: Date: 3 Oktober 2019 Categories: kanker,Kesehatan Umum,macam-macam onkologi,onkologi,onkologi adalah,spesialis onkologi,Spesialis Onkologi Radiasi
Onkologi-doktersehat

DokterSehat.Com – Onkologi berasal dari bahasa Yunani yaitu onkos yang berarti massa atau tumor dan akhiran -ologi yang berarti ilmu. Secara literatur onkologi adalah studi tentang kanker. Ketahui lebih jelas apa itu onkologi, macam-macam onkologi, peran ahli onkologi, dll.

Apa Itu Onkologi?

Onkologi adalah bidang medis yang mempelajari ilmu tentang kanker termasuk dalam meneliti, mengidentifikasi, mendiagnosis, merawat, dan memberikan pengobatan pada seseorang yang didiagnosis kanker.

Dokter yang mendalami ilmu onkologi disebut seorang onkolog. Seorang onkolog bertugas untuk merancang rencana perawatan pasien kanker berdasarkan laporan patologi terperinci yang berisi riwayat penyakit kanker dari pasien tersebut dan memberikan saran pengobatan terbaik.

Tugas Ahli Onkologi

Seorang ahli ankolog bertanggung jawab pada perawatan pasien kanker mulai dari tahap awal diagnosis hingga pengobatan dan pencegahan berkembangnya sel-sel kanker tersebut.

Berikut ini adalah tugas spesialis onkologi, meliputi:

  • Menjelaskan diagnosis dan stadium kanker yang diderita pasien
  • Menjelaskan semua pilihan perawatan dan risiko yang mungkin terjadi
  • Memberikan pilihan perawatan berkualitas dan terbaik
  • Membantu pasien untuk menangani gejala dan efek samping dari perawatan kanker yang sedang dijalani
  • Membantu pasien kanker untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mendukung perawatan
  • Melakukan pemeriksaan rutin
  • Melakukan tindakan pencegahan penyakit kanker agar tidak menjadi lebih buruk

Seorang spesialis onkologi tidak bekerja sendirian untuk menangani pasien kanker, terlebih lagi jika pasien membutuhkan perawatan kombinasi dari dokter spesialis lain.

Tim medis untuk merawat kanker mencakup berbagai professional perawatan kesehatan lainnya, yaitu:

  • Ahli Patologi: Bertugas untuk membaca tes laboratorium meliputi mendiagnosis penyakit dan memeriksa sel-sel dan jaringan.
  • Ahli Radiologi: Bertugas untuk membantu diagnosis penyakit dengan pemeriksaan radiologi berupa Rontgen, CT scan, dll.
  • Suster Onkologi: Membantu ahli onkologi dalam menangani pasien kanker.

Baca Juga: 8 Pengobatan Kanker yang Paling Ampuh dan Efektif

Macam-Macam Onkologi

Setiap jenis kanker membutuhkan perawatan berbeda, karena itu terdapat macam-macam onkologi untuk menangani jenis-jenis kanker yang berbeda.

Berikut ini adalah macam-macam onkologi, meliputi:

  1. Onkologi Medis

Onkologi medis adalah bidang spesialis kanker yang menangani pasien kanker dengan pilihan pengobatan seperti kemoterapi, terapi hormon, terapi biologis, terapi target, dll. Ahli onkologi medis akan membantu pasien untuk meredam gejala dan efek samping dari perawatan yang dipilih, serta melakukan pemeriksaan rutin saat perawatan kanker sudah selesai.

  1. Onkologi Radiasi

Onkologi radiasi adalah bidang medis spesialis kanker yang menggunakan metode radiasi dari sinar foton berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Sebagian besar pasien kanker melakukan perawatan dengan onkologi radiasi ini.

  1. Onkologi Bedah

Onkologi bedah adalah pengobatan kanker dengan prosedur bedah dan biopsi. Ahli onkologi bedah akan mengangkat jaringan tumor dengan prosedur bedah onkologi dan membantu pasien dalam proses penyembuhan.

  1. Onkologi Anak

Onkologi anak adalah bidang medis untuk perawatan kanker khusus anak-anak. Ahli onkologi anak berfokus pada cara menangani pasien kanker mulai dari usia bayi sampai anak-anak di bawah usia 15 tahun.

Selain merawat kanker pada anak, seorang ahli onkologi anak juga bertugas untuk memberi pengetahuan pada keluarga anak tersebut tentang jenis kanker yang diderita serta pilihan pengobatan terbaik. Tugas seorang onkologi anak sangat penting karena angka penderita kanker pada anak sangat tinggi, yaitu sekitar 175.000 anak di seluruh dunia.

Baca Juga: Serba Serbi Umum Kanker Anak

  1. Onkologi Ginekologi

Onkologi ginekologi adalah perawatan kanker yang berfokus dalam pengobatan kanker yang menyerang sistem reproduksi wanita, seperti kanker ovarium, kanker serviks, kanker rahim, kanker vagina, kanker vulva, dll.

  1. Onkologi Hematologi

Onkologi hematologi adalah perawatan kanker untuk mengobati kanker darah seperti leukemia dan limfoma. Seorang ahli onkologi hematologi juga dapat menangani kelainan darah yang bukan kanker.

Itulah macam-macam onkologi untuk menangani jenis kanker yang berbeda. Jika Anda didiagnosis kanker, Anda perlu berkonsultasi ke onkologi yang sesuai dengan jenis kanker yang Anda derita agar spesialis kanker dapat membantu Anda mengatasi kanker tersebut.

Tahapan Onkologi

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana diagnosis dari ahli onkologi hingga ke tahap perawatan kanker. Berikut ini adalah tahap-tahap saat Anda pertama kali memeriksakan diri ke ahli onkologi, yaitu:

  • Pemeriksaan Fisik: Anda akan menjalani pemeriksaan fisik terlebih dahulu, walaupun Anda mungkin sudah pernah melakukannya dengan dokter umum.
  • Diagnosis: Ahli onkologi akan mendiagnosis kanker Anda dengan beberapa metode seperti biopsi, endoskopi, sinar-X, CT scan, MRI, dan lainnya.
  • Tes Tambahan: Anda mungkin harus menjalani tes tambahan seperti tes darah.
  • Pertemuan dengan Profesional Kanker Lainnya: Ahli onkolog akan menjelaskan semua hal yang Anda butuhkan, bertemu dengan profesional kesehatan lainnya untuk mendukung perawatan Anda, dan memberi informasi asuransi dan biaya perawatan.
  • Prognosis Dini: Ahli onkolog akan memberi Anda prognosis dini yaitu prediksi kasar tentang penyakit kanker Anda.

Baca Juga: 7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker

Tips Memilih Ahli Onkologi

Mendengar diri Anda terkena penyakit kanker pasti akan membuat Anda merasa sangat tidak baik. Awalnya Anda akan merasa sedih, marah, kecewa, dan kaget. Anda mungkin juga akan merasa takut untuk pergi ke onkologi atau dokter spesialis.

Satu dari penyembuhan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk berjuang melawan kanker adalah dengan memilih ahli onkologi yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih ahli onkologi, yaitu:

  • Cari referensi spesialis onkologi dari dokter umum atau rumah sakit yang biasa Anda datangi, seorang ahli onkologi yang sesuai dengan jenis kanker yang Anda derita.
  • Tentukan pilihan pada rumah sakit terdekat atau yang pelayanannya baik.
  • Tentukan ahli onkologi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan membuat Anda nyaman saat berkonsultasi.
  • Ketahui estimasi biaya dan perawatan yang akan Anda jalani.

Kanker adalah penyakit yang kompleks, karena itulah sangat penting untuk berkonsultasi pada dokter spesialis yang mumpuni dan dapat mengerti perawatan terbaik untuk Anda. Jika Anda ingin memeriksakan diri ke onkologi, Anda harus tenang dan berpikir positif karena seorang ahli onkologi pasti akan memberi perawatan terbaik untuk Anda.

Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa itu onkologi dan macam-macam onkologi.

 

Sumber:

  • Joy Stanborough, Rebecca, MFA. 2019. What Is an Oncologist?. https://www.healthline.com/health/cancer/what-is-an-oncologist#types. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  • Cancer.Net. 2018. Types of Oncologists. https://www.cancer.net/navigating-cancer-care/cancer-basics/cancer-care-team/types-oncologists. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  • WebMD. 2019. Your Cancer Specialists. https://www.webmd.com/cancer/your-cancer-specialists-doctors-you-need-to-know#1. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  • Lewis, Sarah, PharmD. 2019. 8 Tips for Choosing an Oncologist. https://www.healthgrades.com/explore/8-tips-for-choosing-an-oncologist. (Diakses pada 3 Oktober 2019).

Let’s block ads! (Why?)