Pengidap Diabetes Wajib Perhatikan Sarapan, Harus Rendah Gula dan Tinggi Serat
By: Date: 28 Oktober 2023 Categories: gula darah

Suara.com – Sarapan sehat sangat penting bagi penderita diabetes, dan memilih makanan multigrain dapat membantu mengatur gula darah dengan lebih baik. Berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2021, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia.

Tak hanya itu, diabetes juga menempati peringkat ke-3 sebagai penyakit dengan risiko kematian tertinggi di Indonesia. Meningkatnya jumlah penderita diabetes diduga disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pola hidup sehat. Dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh adalah pola makan itu sendiri.

Berdasarkan jurnal internasional Advance in Nutrition, komposisi sarapan sangat mempengaruhi kadar gula darah sepanjang hari. Menu sarapan yang disarankan untuk para pengidap diabetes adalah makanan yang kaya akan serat di antaranya gandum, oat, biji – bijian, dan kacang – kacangan.

Berikut adalah ide sarapan multigrain yang cocok untuk penderita diabetes:

Oatmeal dengan Toping Almond dan Buah Segar:

  • Bubur oat adalah sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Pilih oatmeal yang tidak mengandung gula tambahan.
  • Taburi oatmeal dengan irisan almond dan potongan buah segar seperti stroberi atau blueberry.
  • Tambahkan sedikit kayu manis untuk rasa manis alami.

Roti Gandum Utuh dengan Selai Kacang Tanpa Gula:

  • Pilih roti gandum utuh yang rendah indeks glikemiknya.
  • Oleskan selai kacang alami (tanpa gula tambahan) di atas roti.
  • Anda bisa menambahkan irisan pisang atau potongan stroberi sebagai tambahan.

Sarapan yang mengandung serat tinggi, karbohidrat kompleks, dan indeks glikemik yang rendah akan membantu pengidap diabetes menjaga kestabilan gula darah sepanjang hari, merasa kenyang lebih lama, dan lebih berenergi.

Bagi Anda yang sibuk dan tak mau repot membuat sarapan setiap hari, dapat dibantu dengan suplemen seperti mGanik Multigrain. Perusahaan lokal mGanik Nutritions menghadirkan mGanik Multigrain sebagai suplemen nutrisi pertama bagi para pengidap diabetes di Indonesia. Dengan formula GlukoStabil® yang terdiri atas 25 jenis multigrain, labu kuning, daun kelor, dan diperkaya dengan kandungan alami lainnya, semua komposisi sarapan sehat telah dipenuhi oleh mGanik Multigrain.

“mGanik Multigrain merupakan sebuah inovasi suplemen nutrisi diabetes alami pertama di Indonesia. Dengan kehadiran produk ini, kami ingin membantu para penderita diabetes memiliki hidup sehat,” ujar Michael Candiago selaku CEO mGanik.

Terbuat dari 100% bahan alami membuat mGanik Multigrain aman bagi lambung dan ginjal, serta dapat dikonsumsi oleh semua usia, dari anak – anak hingga lanjut usia. Tak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi suplemen ini dua kali sehari sebagai sarapan pagi dan pengganti camilan malam akan membantu pengidap diabetes menjaga kestablilan gula darah sepanjang hari.

“Sebuah produk yang bisa mengemas berbagai macam biji, kacang, dan gandum direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Karena nutrisinya sangat bermanfaat bagi tubuh kita,” kata dr. Diani Adrina, Sp.GK.

https://www.suara.com/health/2023/10/28/095853/pengidap-diabetes-wajib-perhatikan-sarapan-harus-rendah-gula-dan-tinggi-serat