Peran Penting Glutamat dan Glutamin Bagi Tubuh, Jadi Pendukung Sistem Kekebalan Tubuh: Ini Dietnya
By: Date: 22 Juni 2023 Categories: Kekebalan tubuh

Suara.com – Sistem kekebalan tubuh manusia sangatlah kompleks. Ketika bakteri atau virus menyerang, sel tubuh seperti limfosit, makrofag, dan neutrofil saling bekerja sama. Layaknya pasukan perang, mereka membutuhkan logistik yang kuat untuk bisa melawan musuhnya.

Tanpa adanya ‘bahan pendukung’, sistem kekebalan tubuh kita bisa kalah sebelum berperang. Salah satunya adalah glutamat dan glutamin yang merupakan asam amino non esensial yang berlimpah pada tubuh manusia, artinya setiap saat dapat diubah menjadi asam amino lain yang diperlukan tubuh. 

Pada kondisi sel tubuh sehat, glutamat lebih disukai tubuh. Sebaliknya ketika sel sedang mengalami stres atau cedera ataupun terserang penyakit, glutamin akan diperlukan lebih banyak, terutama untuk menjaga keutuhan mukosa usus. 

Tidak hanya itu saja, glutamin juga berperan sebagai aktivator sistem kekebalan pada saluran cerna. Ia bisa membantu mencegah racun-racun tubuh menyebar dan memperkuat sistem kekebalan agar siap menghadapi infeksi.

Baca Juga: Perempuan Lebih Berisiko Hipertensi, Bisakah Ganti Garam Dengan MSG Jadi Solusi?

Bahkan glutamat dan glutamin alami juga ditemukan di air susu ibu (ASI), yang sangat membantu sistem imun tubuh bayi yang masih belum kuat seperti orang dewasa.

ilustrasi MSG. (Istimewa)
ilustrasi MSG. (Istimewa)

Lantas, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, apa saja diet yang disarankan? Pertama adalah ikan laut yang memiliki kandungan gizinya beragam dan juga lengkap. Ikan laut kaya akan protein, peptida khusus dan asam amino Glutamat.

Selain itu ikan laut juga sangat kaya akan Omega 3, antioksidan seperti karotenoid, vitamin larut lemak seperti vitamin A, D dan E, kalsium, posfor, magnesium, yodium, seng dan selenium yang berperan dalam metabolisme tubuh khususnya sistem kekebalan tubuh.

Kaldu dan pekatan ikan yang diperkaya Glutamat (MSG) dapat disiapkan sebagai sumber Glutamat dan Glutamin yang diperlukan tubuh.

Konsumsi juga dua porsi buah dan tiga porsi sayuran dalam menu makanan sehari-hari. Di samping konsumsi protein, lemak dan karbohidrat rendah indeks glikemik. Makanan tersebut memiliki kandungan glutamat dan glutamin secara alami yang berperan membantu produksi dan pemeliharaan sel imunitas termasuk antibodi yang kita kenal. 

Baca Juga: 5 Manfaat Micin untuk Tanaman yang Kerap Tidak Disadari

https://www.suara.com/health/2023/06/22/175500/peran-penting-glutamat-dan-glutamin-bagi-tubuh-jadi-pendukung-sistem-kekebalan-tubuh-ini-dietnya