Perubahan Iklim Membuat Bumi Makin Redup – kompas.id
By: Date: 3 Oktober 2021 Categories: Sains

Memuat data…


NASA

Cahaya Bumi atau earthshine yang dipotret dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2011. Earthshine adalah cahaya pucat atau lemah yang terlihat pada piringan Bulan yang gelap saat fase Bulan sabit. Jika cahaya Bulan sabit berasal dari sinar Matahari langsung, earthshine berasal dari sinar Matahari yang dipantulkan kembali oleh Bumi. Perubahan iklim membuat earthshine makin redup.

Kecerlangan Bumi ditentukan oleh banyaknya sinar Matahari yang dipantulkan kembali oleh awan di Bumi ke luar angkasa. Sementara, banyaknya tutupan awan juga menjadi penanda perubahan iklim. Karena itu awan bisa dijadikan medium untuk mendeteksi perubahan iklim ataupun perubahan kecerlangan Bumi.

Karena itu, mengetahui perubahan kemampuan awan Bumi memantulkan sinar Matahari dan memantau keberadaan awan menjadi poin penting dalam studi ini. Selain itu, pengamatan aktivitas Matahari diperlukan guna mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas Matahari itu pada kemampuan Bumi memantulkan kembali sinar Matahari tersebut.