Presiden AS Biden Ingatkan Dampak Mengerikan Wabah Cacar Monyet – CNN Indonesia
By: Date: 23 Mei 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengingatkan dampak mengerikan wabah cacar monyet yang kini dilaporkan sejumlah negara termasuk AS.

Biden meminta masyarakat untuk waspada dari wabah cacar monyet.

“Itu [penyebaran cacar monyet] adalah sesua. Itu amat mengkhawatirkan, jika menyebar, bakal membawa dampak besartu yang harus dikhawatirkan semua orang,” kata Biden kepada reporter sebelum masuk ke pesawat Air Force One untuk terbang ke Tokyo, Minggu (22/5).


“Kami bekerja keras untuk mengetahui apa yang bisa kami lakukan, dan vaksin apa yang sesuai dan tersedia untuk mengatasi itu.”

Sementara itu, kasus cacar monyet telah terdeteksi di wilayah Amerika Utara dan Eropa sejak awal Mei. Penyebaran wabah tersebut kini menjadi salah satu kekhawatiran dunia.

Kasus cacar monyet pertama di AS sendiri dilaporkan pada 18 Mei di Massachusetts.

Sebagaimana diberitakan AFP, kebanyakan orang membutuhkan waktu beberapa pekan untuk sembuh dari cacar monyet. Penyakit itu juga dapat menjadi fatal meski kasusnya jarang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sampai pada Sabtu (21/5), sebanyak 92 kasus cacar monyet terkonfirmasi di negara-negara yang bukan wilayah endemi virus penyebab cacar monyet.

Virus tersebut menyebar ke manusia lewat binatang. Virus ini juga menimbulkan gejala seperti cacar biasa.

[Gambas:Video CNN]

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]