Proses Pengobatan Tradisional Black Magic Dalam Naskah Mantra – prokabar
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Dibaca : 70

Oleh : Nurhayati
Mahasiswa FIB, Universitas Andalas

Pada zaman dahulu, banyak orang yang mengunakan pengobatan dengan cara tradisional. Pengobatan tradisional manfaatkan bahan alami untuk pembuatan obat. Penggunaan obat tradisional dengan bahan alami, untuk peningkatan kesehatan maupun pengobatan penyakit. Berbagai macam cara pengobatan dengan memanfaatkan bahan alami pada alam sekitar dengan meracik atau meramu obat-obatan.

Salah satunya pengobatan melalui media tanaman seperti sirih, akar-akar kayu, majur wadak, pupuk, lungsur yang terdapat dalam salah satu naskah Mantra, tidak hanya bermedia tamanan terdapat juga mantra-mantra pengobatan sebagai salah satu pengobatan herbal atau penawar yang menggunakan madia mantra, bacaan dan azimat.

Perpaduan antara obat tradisional yang mengunakan bahan alami dengan bermedia mantra adalah salah satu cara orang zaman dahulu untuk mengatasi penyakit dan pengobatan tradisional yang masih digunakan.

Naskah Mantra merupakan naskah lama yang berisi tentang pengobatan. Naskah mantra menggunakan bahasa Arab dan Melayu dengan aksara Arab dan Jawi berbentuk prosa. Jumlah baris setiap halaman ada sebelas dan keadaan naskah sudah dalam kondisi lapuk. Isi naskah mantra milik Najib memuat tentang mantra dan pengobatan yang lengkap.


Mantra dan pengobatan yang tertulis dibagi dalam beberapa bagian, yaitu (1) obat berupa mantra (2) obat berupa bacaan untuk penyakit yang terbagi ke dalam tiga bagian; bacaan yang diambil dari ayat Alquran; bacaan yang diambil dari selawat, dan bacaan yang diambil dari doa.

(3) pengobatan secara herbal (4) obat herbal untuk penyakit yang mendapat tambahan bacaan atau wafak (5) obat yang berbentuk tulisan wafak tau rajah yang terbagi beberapa jenis, yaitu wafak yang bersumber dari ayat Alquran, wafak yang terdiri dari huruf-huruf hijaiyyah yang disusun sedemikian rupa, wafak yang berasal dari doa.

(6) pengobatan yang berupa azimat (7) bacaan atau mantra untuk berbagai tujuan seperti menjaga diri dan harta dari marabahaya dan (8) isim.

Mantra hitam (black magic) yang lebih dikenal secara umum oleh masyarakat Jawa Barat sebagai teluh atau tenung atau santet sebagaimana dikenal di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, secara definitif dapat diartikan merusak secara halus (ilmu gaib). Mantra sering disalah gunakan salah satunya mantra pendendam adalah mantra pembalasan atas perbuatan jahat orang yang mengirimkan mantra untuk mencelakai si pembalas.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik