Rahasia Mengapa Berolahraga di Malam Hari Bisa Jadi Awal Mula Gaya Hidup Sehat, Baik atau Buruk Sih?
By: Date: 1 Juni 2023 Categories: manfaat olahraga,Olahraga,olahraga malam hari

Suara.com – Olahraga di malam hari semakin populer sebagai gaya hidup sehat di kalangan masyarakat perkotaan. Meskipun demikian, masih ada beberapa persepsi yang perlu diperbaiki terkait kebiasaan “asal sehat” yang sering terjadi.

Banyak orang memilih untuk berolahraga di malam hari karena jadwal yang padat di siang hari dan sebagai cara untuk bersantai dan merilekskan diri. Meski begitu, olahraga di malam hari memiliki kekurangannya juga. Yuk simak.

Kelebihan Melakukan Olahraga di Malam Hari:

Menghilangkan Kepenatan

Baca Juga: FIFA Match Day Indonesia Vs Argentina, Bukan Sekedar Laga Persahabatan

Setelah seharian bekerja, kita pasti ingin melepaskan rasa lelah dan stres. Berolahraga seperti berlari, angkat beban, bersepeda, atau olahraga lain yang disukai dapat membantu menghilangkan kepenatan tersebut.

Ilustrasi Olahraga Malam Hari. (pexels/rosemary ketchum)
Ilustrasi Olahraga Malam Hari. (pexels/rosemary ketchum)

Performa Terbaik

Jumlah kalori yang terbakar saat berolahraga di pagi hari bisa sama dengan saat berolahraga di malam hari. Hal ini tergantung pada kebiasaan energi tubuh dalam sehari. Jika kita merasa memiliki energi yang lebih tinggi pada malam hari, kita akan lebih maksimal dalam berolahraga pada waktu tersebut.

Tidak Diburu oleh Waktu

Saat berolahraga di malam hari, kita tidak akan terburu-buru oleh aktivitas lain. Ini memberi kita waktu untuk lebih fokus pada olahraga dan menjalankannya dengan lebih baik.

Baca Juga: Guru Olahraga di Kabupaten Pinrang Cabuli 12 Murid Sekolah Dasar

Kekurangan Melakukan Olahraga di Malam Hari:

Kesempatan Bersosialisasi Berkurang

Setelah sibuk bekerja, kita mungkin ingin berkumpul dengan teman-teman. Namun, hal tersebut bisa tertunda karena fokus pada program diet dan olahraga yang sedang dijalani.

Gangguan Pola Tidur

Olahraga di malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga sulit untuk tidur. Hal ini terjadi jika jarak antara waktu olahraga dan tidur malam terlalu dekat. Tingkat hormon adrenalin dan hormon stres juga meningkat saat berolahraga.

Kehabisan Energi

Setelah seharian bekerja dengan tugas yang menumpuk, mungkin kita kehilangan semangat untuk berolahraga di malam hari. Ini disebabkan oleh kelelahan dan kehabisan energi setelah aktivitas di kantor.

Jadi, berolahraga di malam hari memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Penting untuk menyesuaikan jadwal dan kebutuhan tubuh kita agar olahraga dapat memberikan manfaat yang optimal.

https://www.suara.com/health/2023/06/01/085433/rahasia-mengapa-berolahraga-di-malam-hari-bisa-jadi-awal-mula-gaya-hidup-sehat-baik-atau-buruk-sih