Sakit Kanker Ginjal Seperti Vidi Aldiano, Bisakah Disebabkan Kencing Batu? Ini Kata Dokter
By: Date: 13 Desember 2023 Categories: Kanker Ginjal

Suara.com – Ada banyak faktor penyebab kanker ginjal seperti yang diidap Vidi Aldiano. Termasuk, bisakah kencing batu menyebabkan kanker ginjal?

Baru-baru ini masyarakat dilanda kabar kurang menyenangkan, dengan kondisi terbaru Vidi Aldiano disebut semakin lemah, bahkan pelantun Nuansa Bening itu harus menjalani terapi cuci darah atau hemodialisis dua hari sekali.

“Bulan ini mulai treatment yang lumayan intensif, dan spa day (cuci darah) pun sekarang tiap dua hari sekali. Jujur badan lagi banyak lemah dan sakitnya these past few weeks,” tulis Vidi dalam Instagram Story.

Meski publik belum tahu apa penyebab utama Vidi sakit kanker ginjal sejak 2019 lalu. Namun netizen dibuat kagum dengan perjuangan suami Sheila Dara itu yang tidak pantang menyerah, bahkan tetap bersemangat hingga terus berkarya di industri hiburan.

Fakta sakit kanker Vidi Aldiano. (Instagram/@vidialdiano)
Fakta sakit kanker Vidi Aldiano. (Instagram/@vidialdiano)

Kencing Batu Menyebabkan Kanker Ginjal

Sementara itu, tidak terkait dengan kondisi Vidi Aldiano karena tidak melakukan pemeriksaan langsung dan berdasarkan kondisi masyarakat umum, Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi dr. Regi Septian, SpU, M.Kes, FICS menjelaskan kencing batu atau batu saluran kemih memang bisa menyebabkan kanker ginjal, tapi peluangnya sangat kecil.

“Kalau batu-batu (saluran kemih) besar (bisa sebabkan kanker ginjal), tapi batu ini juga jarang bisa menyebabkan gagal ginjal,” ujar dr. Regi dalam edukasi metode ECIRS di Harapan Indah, Bekasi Utara, Rabu (13/12/2023).

Batu saluran kemih atau kencing batu adalah penyakit yang disebabkan adanya pembentukan batu pada organ saluran kemih yang meliputi organ ginjal, ureter, kandung kemih hingga uretra.

Menurut dr. Regi, peluang kanker ginjal ini bisa terjadi jika batu kencing berukuran besar lalu menggesek saluran ginjal dan saluran kemih karena bisa menyebabkan iritasi kronis.

“Batu besar bisa sebabkan kanker ginjal karena menyebabkan sel iritatif kronis. Jika iritasi terus menerus ini terjadi makan dinding sel bisa berubah, lalu karena ganas (sel kanker),” ungkap dr. Regi.

Tapi dokter lulusan Magister Kesehatan Universitas Padjajaran itu menegaskan peluang kencing batu ini menyebabkan kanker ginjal sangatlah kecil, hanya terjadi pada batu ginjal besar yang dibiarkan terus menerus lalu iritasi.

“Tapi ini terjadi pada batu yang sangat kronis dan besar,” pungkas dr. Regi.

https://www.suara.com/health/2023/12/13/175500/sakit-kanker-ginjal-seperti-vidi-aldiano-bisakah-disebabkan-kencing-batu-ini-kata-dokter