[SALAH] 70 Juta Pengungsi Rohingya Akan Menuju Indonesia
By: Date: 18 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Potongan video yang ditampilkan merupakan potongan-potongan video berbeda yang tidak memiliki konteks yang sama dengan klaim yang dibagikan.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1705413802.843273/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: “Inilah konspirasi negara barat untuk menghancurkan Indonesia. Sudah direncanakan sejak Trump menjabat presiden Amerika Serikat. #pulangkanrohingya #pulangkanrohingyaketanahnyasendiri

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video di Tiktok membagikan klaim tentang 70 juta pengungsi Rohingya yang akan mengungsi ke Indonesia akibat dari konspirasi Amerika Serikat untuk menghancurkan Indonesia yang sudah direncanakan sejak Donald Trump masih menjadi Presiden AS.

Video tersebut diawali dengan potongan video pidato Trump yang setelah ditelusuri ternyata sumber asli video tersebut berasal dari video Youtube berjudul, “President Trump: The United States will not be a migrant camp… (C-SPAN)” yang diunggah pada 19 Juli 2018. Pada video tersebut Trump hanya mengungkapkan selama dia menjadi presiden, akan menolak pengungsi dan imigran masuk ke Amerika Serikat. Ia tidak mengatakan akan memberangkatkan imigran dan pengungsi ke negara lain termasuk Indonesia seperti yang video Tiktok tersebut klaim tentang 70 juta pengungsi Rohingya ke Indonesia.

Lalu untuk video yang kedua menampilkan wawancara dari Kepala UNHCR Indonesia, Thomas Vargas. Potongan video tersebut merupakan hasil wawancara Vargas di gedung UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada tahun 2019. Hasil wawancara serupa juga diunggah oleh Detik.com dalam artikel berjudul “Diminta RI Berangkatkan Pengungsi ke LN, Begini Respons UNHCR” pada 17 Juli 2019 lalu.

Dalam wawancara itu Vargas menjelaskan tentang pihak Indonesia meminta Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) segera memberangkatkan para pencari suaka ke negara luar negeri (LN) tujuan mereka. Saat itu, terdapat sejumlah pencari suaka asal Afghanistan dan Afrika terlihat memenuhi trotoar di depan kantor UNHCR di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, selama beberapa hari terakhir.

Sebagai tambahan bahwa angka 70 juta orang yang dikatakan oleh Vargas adalah jumlah pengungsi secara global. Dalam wawancara itu, Vargas tidak mengatakan UNHCR akan memindahkan semua pengungsi Rohingya ke Indonesia.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=bgpYlq2ERks

https://news.detik.com/berita/d-4628109/diminta-ri-berangkatkan-pengungsi-ke-ln-begini-respons-unhcr