[SALAH] Ahli Kesehatan Mempromosikan Essential Oil Penambah Tinggi Badan
By: Date: 31 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya para ahli menyebut bahwa tidak ada bukti bahwa essential oil dapat meninggikan badan. Foto yang menunjukkan dr. Willie Ong untuk mempromosikan produk essential oil penambah tinggi badan di TikTok adalah potongan dari video lain, dalam video asli dr. Willie Ong yang merupakan dokter asal Filipina tidak pernah mempromosikan essential oil tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok & Facebook

https://archive.vn/BbvNf

https://archive.vn/aaEx4

= = =

Narasi:

“LIDORIA Height Growth Essential Oil Body Height Increased 10ML. Fast height growth results. Bone growth and cell division acceleration. Purely healthy Herbal ingredients.

LIDORIA Growth Essential Oil comprises of Loofa seed oil, Yam extract, deer bone collagen, Hawthorn and Lavender oil.

How to use: Begin by cleaning your legs, Then take enough amount of the product and apply on your sole, knees and ankle, Afterward, massage for fast absorption of the product, For fast results, apply the product twice a day”

Terjemahan:

“LIDORIA Minyak Esensial Penumbuh Tinggi Badan Menambah Tinggi Badan 10ML. Hasil pertumbuhan tinggi badan yang cepat. Pertumbuhan tulang dan percepatan pembelahan sel. Bahan-bahan Herbal murni yang menyehatkan.

Minyak Esensial Pertumbuhan LIDORIA terdiri dari minyak biji Loofa, ekstrak ubi, kolagen tulang rusa, minyak Hawthorn dan Lavender.

Cara penggunaan: Mulailah dengan membersihkan kaki, lalu ambil produk secukupnya dan aplikasikan pada telapak kaki, lutut, dan pergelangan kaki, kemudian pijat agar produk cepat terserap. Untuk hasil yang cepat, aplikasikan produk dua kali sehari.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Facebook membagikan informasi bahwa terdapat essential oil yang dapat menumbuhkan tinggi badan, essential oil tersebut cukup dioleskan kepada telapak kaki, lutut hingga pergelangan kaki. Promosi produk tersebut juga didukung oleh seorang dokter asal Filipina, Doc Willie Ong pada unggahan video di TikTok.

Setelah ditelusuri para ahli membantah klaim tersebut. Faktanya tidak ada bukti ilmiah bahwa essential oil tersebut dapat menumbuhkan tinggi badan. Genuino-Regalado, seorang ahli bedah ortopedi di Manila, menyebut bahwa tidak ada metode non-invasif yang dapat meninggikan badan, terlebih kepada orang dewasa.

Video Doc Willie Ong yang seakan mempromosikan produk tersebut adalah video yang telah dipotong, pada video asli Doc Willie Ong yang telah ia bagikan di Channel YouTubenya tidak mempromosikan produk tersebut. Dalam video aslinya Doc Willie Ong menjelaskan bahwa tinggi badan seseorang pada masa pertumbuhannya ditentukan oleh nutrisi, genetik, serta gaya hidup seseorang.

Dengan demikian, ahli kesehatan mempromosikan essential oil penambah tinggi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33Q36TK

===