[SALAH] Ahok Berhasil Dibekuk dan Dijebloskan
By: Date: 14 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Video tersebut tidak menjelaskan penangkapan Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok. Dalam video hanya menjelaskan tentang progres pembangunan proyek sodetan Kali Ciliwung.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1675674457.832343/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “TEPAT MALAM INI AHOK BERHASIL DI BEKUK DAN DI JEBLOSKAN”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube PEJUANG MUDA mengunggah video dengan klaim Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang lebih dikenal dengan Ahok ditangkap dan dijebloskan ke penjara terkait proyek sodetan Kali Ciliwung. Dalam video tersebut berisi cuplikan mengenai progres pembangunan proyek tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, dalam video tersebut tidak ada penjelasan mengenai penangkapan Ahok. Narasi yang dibacakan dalam video justru berisi tentang berita kunjungan Presiden Joko Widodo pada proyek sodetan Kali Ciliwung. Narasi tersebut identik dengan artikel yang diunggah Pelaku Bisnis dengan judul “Sodetan Ciliwung, Upaya Menyeluruh Pemerintah Kendalikan Banjir Jakarta”. Artikel tersebut diunggah pada 24 Januari 2023.

Hingga saat ini tidak ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai klaim penangkapan Ahok terkait proyek sodetan Kali Ciliwung, seperti yang tertera pada video yang beredar.

=====

[REFERENSI]:

– https://pelakubisnis.com/2023/01/sodetan-ciliwung-upaya-menyeluruh-pemerintah-kendalikan-banjir-jakarta/