[SALAH] “AHY DAN DEMOKRAT GERUDUK RUMAH ANIES BASWEDAN”
By: Date: 8 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa AHY dan Demokrat geruduk rumah Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1693968133.090599/index.html

=====

[NARASI]: GEGER MALAM INI DEMOKRAT SIAP P3-RA-NG, AHY TAK TERIMA DI HI4-N4TI, LANGSUNG GE-RU-DUK RUMAH ANIES.

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Ailyn Zoila” unggahan video tersebut bernarasi bahwa AHY dan Demokrat geruduk rumah Anies Baswedan.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com dengan judul artikel “Demokrat Jatim Sentil Anies, Belum Jadi Presiden Sudah Ingkar”.

Thumbnail yang menampilkan sosok AHY sedang berpidato, Thumbnail tersebut identik dengan artikel milik nuansamalut.com yang berjudul “Jaga Kedaulatan, Ketua Demokrat se-Indonesia Serentak Sambangi Pengadilan”.

Faktanya, gambar thumbnail video adalah foto apel pimpinan yang digelar di kantor DPP Demokrat, Jakarta pada 3 April 2023. Acara itu dihadiri pengurus DPP, pimpinan fraksi di DPR, anggota DPRD Partai Demokrat, ketua DPD, dan ketua DPC dari seluruh Indonesia.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim bahwa AHY dan Demokrat geruduk rumah Anies Baswedan adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.detik.com/jatim/berita/d-6907079/demokrat-jatim-sentil-anies-belum-jadi-presiden-sudah-ingkar
https://www.nuansamalut.com/2023/04/04/jaga-kedaulatan-ketua-demokrat-se-indonesia-serentak-sambangi-pengadilan/