[SALAH] AIRLANGGA HARTANTO NYATAKAN USUNG GANJAR CAPRES DI DEPAN MEDIA
By: Date: 29 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait Airlangga Hartanto nyatakan usung Ganjar sebagai capres di depan media. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang disertai narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695731374.997757/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PRABOWO KEJANG”LIAT INI !! AIRLANGGA NYATAKAN PERANG USUNG GANJAR DI PILPRES 2024…

RESMI GABUNG KUALISI
AIRLANGGA NYATAKAN LANGSUNG DI DEPAN MEDIA USUNG GANJAR CAPRES

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL dengan narasi yang menyatakan bahwa Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto nyatakan usung Ganjar Pranowo sebagai capres di depan media.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel antaranews.com berjudul “PDIP masih buka pintu koalisi untuk Golkar” yang diunggah pada 16 Agustus 2023.

Thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan momen ketika Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kediaman Airlangga, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juli 2023.

Dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk tim teknis guna membahas rencana koalisi di Pilpres 2024.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Airlangga Hartanto nyatakan usung Ganjar Pranowo sebagai Capres di depan media tidak terbukti dan termaasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/3684642/pdip-masih-buka-pintu-koalisi-untuk-golkar

https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/1059421/ini-daftar-tim-teknis-pdipgolkar-jelang-pilpres-2024