[SALAH] Akun WhatsApp Plt Kadisdik Prov. Kalteng Herson B. Aden “+62 852-2343-2623”
By: Date: 30 Juni 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah mengklarifikasi akun yang beredadr bukan milik Herson B. Aden.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

SUMBER: WhatsApp

===
NARASI:
“Siap pak”
“Dengan adanya proses penyaluran dana dan pelaporan detail, verifikasi pengguna dana BSFP Kalteng Khusus Pdidikan S3. Dengan ini PEMPROV Kalteng Moniton BSFP KALTENG BERAKHLAK Dgn A/N SAWUN,S.Sos
Harap Laporan/Verifikasi Skrg AKUN BANK Sesuai isian berikut https://verifikasidata[dot]vkxdz.com”
“Jika verifikasi sudah kelar diminta agar foto dengan jelas KTP, buku tabungan dgn membuka lembaran pertama dan kartu ATM Via email PEMPROV”

PENJELASAN:
Beredar akun WhatsApp bernomor +62 852-2343-2623 mengatsnamakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Plt. Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden. Akun tersebut menggunakan nama dan foto profil Herson dan menawarkan penyaluran dana beasiswa S3. Dalam pesan terdapat link yang mengarahkan formulir untuk verifikasi data, lalu melampirkan foto KTP, buku tabungan dan kartu ATM.

Faktanya, akun WhatsApp tersebut palsu. Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah mengklarifikasi dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menganggapi pesan yang mengatasnamakan Herson B. Aden karena terindikasi modus penipuan.

Berdasarkan penjelasan di atas, akun WhatsApp elaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan (Plt. Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden +62 852-2343-2623 adalah tidak benar dan masuk kategori konten tiruan.

REFERENSI:
https://www.facebook.com/disdikkalteng/posts/575114964778583?ref=embed_post