[SALAH] Amir Khan Memberikan Sedekah Satu Kg Tepung Berisi Uang Tunai Bagi yang Membutuhkan
By: Date: 9 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Pihak Manajemen Aamir Khan melalui Thequint mengatakan bahwa Aamir Khan tidak melakukan donasi dalam bentuk demikian.

= = = =

KATEGORI: False content/konten yang salah

= = = =

Sumber:
Facebook
https://archive.fo/1U7E1

= = = =

NARASI:

“cerdik cara dia sedekah, blh tiruvasi..

Inspiratif, cara bersedekah Amir Khan
Amir Khan adalah salah satu bintang Bollywood. Baru-baru ini ia dikabarkan memberikan sedekah satu kg tepung bagi yang memerlukan.
Banyak yang menyindir sedekah tepung ini. Mereka menganggap sedekah itu terlalu sedikit. Sehingga tidak banyak orang yang datang untuk mengambil sedekah tepung kecuali orang-orang yang sangat memerlukan.
[…]

(Lanjutan narasi dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar sebuah unggahan dalam laman Facebook oleh akun Wan Nurhasanah yang membagikan unggahan milik akun Budak Jambatan. Unggahan oleh akun Budak Jambatan memuat narasi yang mengatakan bahwa Aamir Khan melakukan sedekah dengan membagikan tepung sebanyak 1 kg yang di dalamnya terdapat uang sejumlah 15.000 Rupee. Dalam unggahan tersebut juga memuat foto Aamir Khan yang disandingkan dengan bungkusan-bungkusan tepung yang di dalamnya terdapat uang.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Pihak Manajemen Aamir Khan melalui laman berita Thequint mengatakan bahwa Aamir Khan tidak melakukan donasi semacam demikian. Melansir dari laman berita Sandesh, pemberian tepung seperti yang tertera dalam foto unggahan memang benar adanya, namun tidak disebutkan bahwa pemberian tersebut dilakukan oleh Aamir Khan. Hasil periksa fakta dengan narasi yang sama juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Bintang Bollywood Amir Khan Memberikan Bantuan 1kg Tepung Di Dalamnya Terdapat Uang Senilai 3Juta Saat India Lockdown” dan ‘[SALAH] “Aamir Khan Mendonasikan 1kg Tepung dan 15000 Rupee Kepada Warga yang Membutuhkan di Masa Lockdown” ’.

Dengan demikian, unggahan pada laman Facebook oleh akun Wan Nurhasanah yang membagikan unggahan milik akun Budak Jambatan tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false content atau konten yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2021/03/01/salah-bintang-bollywood-amir-khan-memberikan-bantuan-1kg-tepung-di-dalamnya-terdapat-uang-senilai-3juta-saat-india-lockdown/
  2. https://turnbackhoax.id/2020/05/03/salah-aamir-khan-mendonasikan-1kg-tepung-dan-15000-rupee-kepada-warga-yang-membutuhkan-di-masa-lockdown/
  3. https://www.thequint.com/news/webqoof/aamir-khans-team-denies-that-actor-gave-rs-15000-in-wheat-sacks-fact-check#read-more
  4. https://www.hindustantimes.com/bollywood/aamir-khan-donates-to-pm-cares-maharashtra-cm-s-relief-fund-helps-daily-wage-workers-of-laal-singh-chaddha/story-i8SRDKOp4iNU2ELA1DnxtL.html
  5. https://sandesh.com/surat-man-gives-15000-rs-hidden-in-flour-to-laborers-in-lock-down/

= = = =

(Lanjutan narasi)

Mereka adalah orang-orang yang betul-betul miskin, tepung itu sangat berharga untuk membuat makanan. Karena itu mereka datang untuk mengambilnya.
Tetapi mereka sangat terkejut ketika sampai di rumah dan membuka bungkusan tepung. Ternyata di dalam tepung terdapat wanng tunai sejumlah 15.000 Rupee. (rm869)
Inilah cara Amir Khan agar sedekah jatuh ke tangan yang berhak, yang betul-betul miskin. Sedekah yang tepat sasaran.”

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian