[SALAH] Anies Baswedan Berperilaku Tidak Sopan Terhadap Jusuf Kalla
By: Date: 11 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Anies Baswedan berperilaku tidak sopan dan menjauhi Jusuf Kalla ketika keduanya sedang melakukan wawancara merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, Anies hanya menitipkan barang bawaannya kepada orang lain dan tidak menjauhi JK seperti yang disampaikan oleh narator.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702267002.918219/index.html (TikTok)

=======

[NARASI]: “Gak Punya Adab Emang Gak Pantas!! Yakin Kayak Gini Jadi Pemimpin?

turunan dari bapak #trending #pemilu2024 #aniesgagal #fyp #janjimanis”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @infograndong mengunggah video dengan klaim bahwa Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berperilaku tidak sopan di hadapan Jusuf Kalla (JK). Dalam sebuah konferensi pers, Anies menunjukkan ketidakhormatannya terhadap JK dengan pergi menjauh dari JK yang sedang berbicara.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya Anies tidak pergi menjauhi JK, melainkan sedang memberikan barang bawaannya kepada orang lain.

Dalam video asli yang diunggah oleh Kanal YouTube KOMPAS TV, terlihat bahwa Anies yang tengah berdampingan dengan JK dalam wawancara bersama wartawan awalnya membawa sebuah buku dan paper bag. Namun, ia kemudian menitipkan buku yang dibawanya kepada orang lain dan langsung melanjutkan wawancara tersebut.

Sumber: KOMPAS TV (YouTube)

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @infograndong merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]: