[SALAH] Aparat Temukan Ratusan Senjata Milik Panji Gumilang
By: Date: 31 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa aparat telah menemukan ratusan senjata milik Panji Gumilang. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1692162679.836577/singlefile.html (youtube)

====
[NARASI]:
“GEGER PAGI INI || APARAT TEMUKAN RATUSAN SENJATA MILIK PANJI G, DIDUGA LAKUKAN TIND4K KRIMINAL”

====

[PENJELASAN]:

Pada 15 Agustus 2023 sebuah channel youtube dengan nama Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) mengunggah sebuah video dengan klaim penemuan ratusan senjata tajam oleh aparat kepolisian dengan dugaan tindak criminal yang dilakukan oleh Panji Gumilang pemilik pesantren Al Zaytun

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video dengan durasi 8 menit 3 detik tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan mengenai aksi penistaan agama yang dilakukan oleh pondok pesantren Al Zaytun seperti Perempuan yang salat pada shaf laki-laki hingga azan yang dikumandangkan tidak sesuai dengan syariat Islam. Bahkan, narator tidak sama sekali menjelaskan terkait penemuan ratusan senjata api laras Panjang milik Panji di rumahnya.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman asli dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Contohnya saja seperti pada menit ke 4:10 yang merupakan potongan video milik KOMPASTV (https://www.youtube.com/@kompastv) yang diunggah pada 25 Juli 2023 mengenai dugaan adanya tindak pidana pencurian uang yang dilakukan oleh Ponpes Al Zaytun.

Oleh sebab itu, video dengan klaim ditemukannya ratusan senjata milik Panji Gumilang merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]