[SALAH] Artikel The Wall Street Journal: “Bom yang dijatuhkan di Rumah Sakit Gaza adalah buatan AS MK-84”
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. The Wall Street Journal tidak pernah menulis berita tersebut.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/5CzbZ

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“The Wall Street Journal: “Bom yang dijatuhkan di rumah sakit adalah MK-84 Amerika”. Dibayar oleh pemerintahan Biden. Bom ini berpemandu presisi, terbesar di keluarga MK dan memiliki berat sekitar 950 kg.

#WarCrimes #GazaHospital #PalestineGenocide

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @AliIbra713 mengunggah foto dan menulis klaim bahwa bom yang dijatuhkan di rumah sakit Gaza merupakan bom buatan AS MK-84, yang juga memiliki berat 950 kg dan sangat presisi. Selain itu, @AliIbra713 juga mengatakan informasi tersebut dilansir dari artikel berita The Wall Street Journal. Cuitan dan foto tersebut diunggah pada 18 Oktober 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Setelah dilakukan pencarian di Google mengenai artikel The WSJ yang menyebutkan bom MK-84 di rumah sakit Gaza, terlihat banyak artikel debunk yang telah ditulis beberapa media baik nasional maupun internasional.

Reuters pernah membahas informasi serupa yang menjelaskan bahwa The WSJ tidak pernah menghubungkan pengeboman di rumah sakit Gaza dengan bom buatan AS, terutama bom MK-84. Artikel Reuters tersebut berjudul “Fact Check: WSJ did not say US-made bomb caused Gaza hospital blast”.

Selain itu, PolitiFact juga telah mengunggah hasil temuan berjudul “The Wall Street Journal reported that the Oct. 17 Gaza hospital explosion was caused by an American missile.” dan mengkategorikan informasi tersebut sebagai “False”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @AliIbra713 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://shorturl.at/dyLQ7

https://www.reuters.com/fact-check/wsj-did-not-say-us-made-bomb-caused-gaza-hospital-blast-2023-10-20/

https://www.politifact.com/factchecks/2023/oct/18/social-media/the-wall-street-journal-didnt-report-that-an-ameri/