[SALAH] AS dan Australia akan Memberikan 30% Lahannya untuk PBB
By: Date: 8 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. MoU yang telah disetujui Australia dan AS pada 20 Oktober 2023 berfokus pada kerja sama antar pemerintah kedua negara tersebut dalam menangani isu perubahan iklim, tidak ada kaitannya dengan penyerahan lahan ke PBB.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/PjnpS

Arsip Video:
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/01/Q5tEj_RpbkLkXboL.mp4

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Sekarang kita tahu mengapa warga Albania ada di AS! EPA dan Departemen Perubahan Iklim Australia telah menandatangani MoU BERSAMA YANG BARU yang pada akhirnya akan mengarah pada penyitaan 30% tanah AS dan Australia dan menyerahkannya kepada PBB”.

=====

Penjelasan:
Seorang influencer bernama Maria Zee menyebarkan informasi mengenai MoU yang baru-baru ini ditandatangani AS dan Australia. Menurut Zee, MoU tersebut memaksa AS dan Australia untuk memberikan 30% lahan negaranya ke PBB. Zee memberikan informasi tersebut melalui media streaming pribadinya zeemedia.com, yang kemudian di unggah lagi di Twitter @Zeee_Media_. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 4 November 2023 lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Melansir dari laman resmi EPA, perjanjian antara US EPA (United States Environmental Protection Agency) dan pemerintah Australia yang disetujui pada 20 Oktober 2023 bertujuan untuk melindungi lingkungan dan kesehatan warga negara di kedua negara tersebut.

EPA juga menambahkan bahwa MoU tersebut pada awalnya berfokus kepada lingkungan saja, namun kemudian Australia juga setuju untuk membentuk EPA di dalam badan pemerintahan Australia. Perjanjian tersebut memiliki tiga fokus utama yaitu membangun institusi dan kebijakan yang kuat di bidang lingkungan, memperkuat penegakan dan kepatuhan hukum lingkungan yang telah dibuat, serta meningkatkan akses terhadap air bersih. Tidak disebutkan penyerahan lahan sebanyak 30% baik di situs resmi EPA maupun di dokumen MoU yang asli.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Maria Zee merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.epa.gov/international-cooperation/epa-collaboration-australia

https://www.epa.gov/system/files/documents/2023-10/24-00304-oita_correspondence_aus-us-epa-signed-mou-plibersek.pdf