[SALAH] Bahaya Sayap dan Leher Ayam Broiler
By: Date: 21 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Berdasarkan klarifikasi resmi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, ayam broiler di peternakan pada umumnya dipelihara dengan menetapkan praktik budidaya yang baik sesuai dengan pedoman pemerintah.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

==========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1694084221.112425/index.html 

===========

[NARASI]: “Sayap & leher ayam jangan dimakan berlebihan.”

===========

[PENJELASAN]: Muncul sebuah postingan Youtube pada 12 Agustus 2023 lalu yang menyebarluaskan sebuah informasi tentang larangan memakan sayap dan leher ayam broiler.

Pada video yang beredar tersebut berisi sebuah klaim yang mengatakan untuk tidak sering-sering mengonsumsi ayam broiler terutama bagian sayap dan lehernya dikarenakan ayam broiler dibudidayakan dengan suntik hormon, sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan kanker.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ketut, membantah langsung mengenai isu ayam broiler yang disuntik hormon tersebut. Ketut menjelaskan bahwa ayam broiler yang ada sekarang merupakan ayam yang secara genetik diseleksi untuk dapat tumbuh cepat dengan pemeliharaan yang spesifik, terukur, dan disiplin, termasuk pemberian pakan dan kesehatan yang diatur ketat dalam sistem pemeliharaannya.

Lebih lanjut Ketut menyampaikan bahwa pemerintah pusat dan daerah telah mengatur dan juga mengawasi tata cara budidaya yang baik dalam sistem budidaya ternak potong termasuk ayam broiler.

Dari bantahan Dirjen PKH tersebut maka dapat disimpulkan jika klaim tentang bahaya ayam broiler yang dinarasikan dalam video tersebut merupakan informasi yang tidak benar.

Lalu selain klaim tentang ayam broiler yang dikembangkan dengan suntikan hormon, dalam video tersebut juga ditemukan kesalahan informasi lainnya. Dokter dalam video tersebut mengatakan sebuah kalimat, “kalau harus memilih ayam yang bagus ya ayam negeri, daripada ayam broiler” kalimat tersebut menjadi salah karena ayam negeri merupakan nama lain dari ayam broiler.

===========

 [REFERENSI] :

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1107-penjelasan-kementan-tentang-hoax-ayam-diberi-hormon-pertumbuhan#