[SALAH] Berita CNN “Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop”
By: Date: 20 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Judul berita hasil suntingan. Faktanya, CNN Indonesia tidak pernah memuat berita dengan judul tersebut. Berita terkait polisi yang dimutasi ke Papua Barat dengan foto yang serupa telah diunggah pada 30 Desember 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/77Wi0

= = = = =

NARASI:

“Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “alpokatmentega” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar dari berita CNN Indonesia yang berjudul “Anggota Polisi Ini Dimutasi ke Papua Barat karena Anaknya Hina Idol K-Pop”. Berdasarkan foto tersebut, berita tersebut diunggah pda 19 Mei 2022 pukul 09.24 WIB.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan berita terkait topik tersebut di situs resmi CNN Indonesia. Lebih lanjut, Berita terkait polisi yang dimutasi ke Papua Barat dengan foto yang serupa telah diunggah pada 30 Desember 2021 pukul 13.33 WIB. Adapun judul berita tersebut adalah “Polisi Penolak Laporan Warga Pulogadung Dimutasi ke Papua Barat”.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter dengan nama pengguna “alpokatmentega” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.cnnindonesia.com/search/?query=Anggota+Polisi+Ini+Dimutasi+ke+Papua+Barat+karena+Anaknya+Hina+Idol+K-Pop (https://archive.ph/k1ym7)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211230132208-12-740528/polisi-penolak-laporan-warga-pulogadung-dimutasi-ke-papua-barat

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian