[SALAH] Bill Gates Membuat Program Dokumen Identitas Digital di Seluruh Dunia bersama WEF dan PBB
By: Date: 30 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Juru bicara PBB dan Yayasan Bill & Melinda Gates membantah bahwa mereka akan membuat dokumen identitas digital bagi seluruh penduduk dunia. Dalam video asli yang menampilkan Bill Gates berbicara di WEF, tidak membahas terkait klaim tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/1NKYK

= = =

Narasi:

“Sibuk kali Billi Gatelli ini, bukan hanya urus papairus komputer, papairus manusia, punya proyek juga bergandengan dengan WEF membuat kehidupan manusia menjadi serba digital..”

Terjemahan narasi dalam video:

“Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bill and Melinda Gates Foundation, dan mitra dari Rockefeller Foundation meluncurkan kampanye untuk mempercepat penerapan ID digital, pembayaran digital, dan berbagi data di 50 negara, di bawah payung Infrastruktur Publik Digital (DPI) pada tahun 2028. Dorongan untuk infrastruktur publik digital, ID Digital, paspor vaksin, dan mata uang digital bank sentral. CBDC diperjuangkan oleh WEF globalis dan tidak mengherankan jika didukung oleh Bill Gates bersama dengan PBB. Jika DPI berhasil, pemerintah dan perusahaan akan diberi wewenang untuk menerapkan sistem kredit sosial yang dapat menentukan di mana dan bagaimana Anda dapat melakukan perjalanan apa yang boleh Anda konsumsi dan bagaimana Anda dapat bertransaksi dengan uang terprogram Anda.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi bahwa Bill Gates bersama PBB, Yayasan Bill & Melinda Gates, dan WEF membuat Dokumen Identitas (ID) Digital yang bisa digunakan untuk transaksi digital dan berbagi data di 50 negara. Program tersebut di bawah payung Digital Public Infrastucture (DPI) pada tahun 2028.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan, juru bicara PBB dan Yayasan Bill & Melinda Gates kompak membantah klaim tersebut. Video asli yang menampilkan Bill Gates sedang berbicara di WEF sudah terpublikasi melalui channel YouTube WEF pada 25 Mei 2025, membahas soal keadilan fasilitas dan akses kesehatan bagi negara berkembang, tidak membahas ID Digital.

Dengan demikian, Bill Gates bersama PBB dan WEF membuat program identitas digital secara global adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2023/11/14/false-claim-un-said-it-would-mandate-digital-id-by-2030-fact-check/71571269007/

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/17/172700582/-hoaks-bill-gates-membuat-identitas-digital-bersama-wef-dan-pbb?page=all#page2

= = =