[SALAH] Boneka Kaws ada di Monas Jakarta
By: Date: 31 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video yang memperlihatkan boneka Kaws berada di Monas Jakarta, merupakan salah satu karya dari kreator video Kiki Juliansah.

[KATEGORI]

Satire/Parodi

[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1693273755.74665/index.html

[NARASI]

“Mask Kaws ada di Monas Jakarta”

[PENJELASAN]

Sebuah video Tiktok viral beberapa waktu lalu karena menunjukkan keberadaan boneka Kaws di kawasan Tugu Monas Jakarta. Boneka Kaws pada video itu tengah berbaring di samping kanan Tugu Monas dengan menggunakan topeng ondel-ondel. Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi aplikasi pengolah gambar dan video.

Video itu diunggah oleh akun TikTok bernama @kiju151. Akun ini milik seorang konten kreator video yang biasa membuat animasi realistis yang digabung dengan footage tempat-tempat ikonik. Ia pernah membuat video animasi Ultramen yang sedang bermain ayunan di Jembatan Ampera Palembang.

Selain mempublikasikan hasil karyanya di TikTok, Kiki juga mengunggah karyanya di Youtube bernama Usang Sungging Project. Salah satu video yang pernah diunggah adalah proses editing saat membuat karya-karya yang sering menjadi viral. Software aplikasi yang digunakan antara lain Adobe Aftet Effect, Blender, FL Studio dan juga Adobe Premier Pro.

Boneka Kaws merupakan karya seniman asal Amerika, Brian Donnelly. Ia menggelar Pameran bertajuk “KAWS: Holiday” dengan menghadirkan boneka raksasa setinggi 15 meter dan panjang 45 meter. Kaws melakukan perjalanan tur ke beberapa negara. Di Indonesia Kaws singgah di Candi Prambanan. Sebelum singgah ke Candi Prambanan, kreasi megah itu pernah mengunjungi Seoul, Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Chiangbai, Melbourne, hingga mengudara ke ruang angkasa.

[REFERENSI]

https://vt.tiktok.com/ZSLn9kNUG/
https://youtu.be/UhMgkiuQls0?si=WHUoQgXTWf8_zVRR
https://instagram.com/kiju_151?igshid=MzRlODBiNWFlZA==
https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/21/150000265/lokasi-pameran-kaws–holiday-sebelum-hadir-di-candi-prambanan-?page=all