[SALAH] Burung Lupa Cara Terbang
By: Date: 13 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim pada postingan tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video yang terpotong dan video yang asli burung tersebut bisa terbang.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1667978330.289603/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Burung ini hendak dilepaskan ke alam liar setelah beberapa tahun berada di kandang kebun binatang, Namun ia lupa cara terbang”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok duniapunyacerita memposting sebuah video yang memperlihatkan sebuah burung yang akan dilepas dan terlihat beberapa orang merekamnya. Dalam postingan tersebut terdapat klaim bahwa burung tersebut dilepaskan setelah beberapa tahun di kandang kebun binatang, namun burung tersebut lupa cara untuk terbang.

Setelah ditelusuri, terdapat video yang identik dengan postingan Tiktok tersebut pada salah satu video di kanal Youtube edinomal. Video tersebut berjudul “CONDOR RETURN TO REAL FREEDOM, BEFORE STAYING IN CAGE IN A ZOO. IMPRESSIVE!!!” dalam bahasa Indonesia “CONDOR KEMBALI KE KEBEBASAN NYATA, SEBELUM TINGGAL DI SANGKALAN DI KEBUN KEBUN. MENAKJUBKAN!!!”. Pada video berdurasi 6 menit 21 burung tersebut nampak berjalan dan mengepak sayap dan nampak juga beberapa orang yang merekamnya. Sekitar menit ke 4 burung tersebut berhasil terbang.

Video serupa juga terdapat pada website thedodo.com pada artikel berjudul “Giant Condor Stops To ‘Thank’ Rescuers Before Returning To Wild” dalam bahasa Indonesia “Condor Raksasa Berhenti Untuk ‘Berterima Kasih’ kepada Penyelamat Sebelum Kembali ke Alam Liar”. Dalam artikel tersebut terdapat video yang identik dengan postingan Tiktok yang mana burung tersebut bisa terbang bebas pada akhir video. Nampak juga beberapa orang yang merekam dan lokasi yang sama dengan video di Tiktok.

Dengan demikian, klaim bahwa burung pada video lupa cara terbang adalah tidak benar. Video tersebut merupakan video yang terpotong dan video yang asli burung tersebut bisa terbang, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=In6ZikNoh1Y
https://www.thedodo.com/in-the-wild/rehabilitated-condor-bird-thanks-rescuers

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian