[SALAH] “Capres No. 1 Akan Mengumumkan Bahwa Seluruh Partai Pendukungnya Akan  Mundur dari Kabinet”
By: Date: 18 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya pihak Calon Presiden No.1, Anies Baswedan menyebut bahwa klaim terebut adalah tidak benar atau hoaks.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/DEyQe

= = =

Narasi:

“Baru mendengar kabar baik bagi demokrasi kita bahwa calon presiden no. 1 akan mengumumkan bahwa seluruh partai pendukungnya akan  mundur dari kabinet pekan ini. Katanya ini dlm rangka memantapkan posisi sbg oposisi di Pemilu nanti. (Info ini perlu ditanyakan kepada ybs).”

= = =

Penjelasan:

Politisi Fahri Hamzah menyebarkan informasi melalaui Twitternya bahwa Calon Presiden No. 1, Anies Baswedan akan mengumumkan bahwa seluruh partai pendukungnya akan mundur dari kabinet Indonesia Maju pekan ini. Diketahui ada dua partai pengusung Anies yakni NasDem dan PKB merupakan partai pro-pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memiliki beberapa menteri di kabinet.

Namun faktanya pihak koalisi pengusung Anies Baswedan membantah klaim tersebut. Juru Bicara Timnas AMIN, Surya Tjandra melalui Republika.com menyebut bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoaks. Usamah Abdul Aziz yang juga Juru Bicara Timnas AMIN menambahkan bahwa Tim Pemenangan Anies-Muhaimin tidak akan mencampuri urusan partai pengusung.

Dilansir dari MediaIndonesia.com, Anies Baswedan enggan menanggapi kabar tersebut. “Menurut saya gak level untuk dijawab” ujar Anies saat di Jambi. Begitu pun dengan Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid tidak ingin memberikan tanggapan terkait hal tersebut. “No comment,” kata Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, mengutip dari Tribunnews.com.

Sebagai partai koalisi pemerintah, NasDem berkomitmen untuk menyelesaikan periode pemerintahan Presiden Jokowi hingga 2024. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali yang membantah kabar dari Fahri Hamzah seperti yang diberitakan melalui CNN Indonesia.

Dengan demikian, Calon Presiden No. 1 Anies Baswedan akan mengumumkan Nasdem dan PKB keluar dari kabinet adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://news.republika.co.id/berita/s5oqxc484/jubir-amin-pastikan-omongan-fahri-hamzah-soal-nasdem-dan-pkb-mundur-hoaks

https://katadata.co.id/berita/nasional/timnas-amin-bantah-nasdem-dan-pkb-hengkang-dari-kabinet-jokowi/657aef1a6ad1a

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/637348/anies-ogah-tanggapi-isu-nasdem-dan-pkb-keluar-dari-kabinet-jokowi

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231215071342-32-1037529/balasan-nasdem-ke-fahri-hamzah-buntut-isu-kubu-amin-mundur-kabinet

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231214112223-32-1037162/fahri-sebut-menteri-kubu-amin-akan-mundur-dari-kabinet-nasdem-bantah

https://www.tribunnews.com/nasional/2023/12/14/nasdem-dan-pkb-bantah-menterinya-akan-mundur-dari-kabinet-presiden-jokowi

= = =