[SALAH] “Capres Prabowo Gibran Bubar Jokowi Murka Setelah Tau Niat Prabowo”
By: Date: 18 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Prabowo-Gibran tetap menjadi pasangan Calon Presiden – Calon Wakil Presiden pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Pada debat Capres yang diselenggarakan KPU pada 12 Desember 2023, terlihat Prabowo-Gibran memasuki panggung debat bersamaan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/vP3hg

= = =

Narasi:

“Breaking News. Capres Prabowo Gibran Bubar!! Jokowi Murka Setelah Tau Niat Prabowo Ternyata Begini”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video dengan narasi pada judul dan thumbnail yang menyebut bahwa pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran bubar dan menyebut Jokowi murka karena mengetahui niat asli Prabowo.

Namun faktanya Prabowo-Gibran masih tetap menjadi pasangan Capres-Cawapres pada kontestasi Pilpres 2024 yang dibuktikan dengan kehadiran pasangan tersebut pada panggung debat Capres pada 12 Desember 2023. Isi video tersebut hanya menampilkan pendapat-pendapat pengamat politik mengenai kemungkinan apa yang akan terjadi jika Prabowo menang ataupun Prabowo kalah pada Pilpres 2024.

Pengamat pertama yang ditampilkan Prof. Vedi R Hadiz dalam talk show bersama Rosi yang ditayangkan di KompasTV, kedua adalah Islah Bahrawi yang menyampaikan opininya melalui channel YouTube 2045TV, ketiga adalah  Prof. Ikrar Nusa Bhakti yang pengamatannya ditayangkan melalui channel YouTube Tribunnews. Ketiga pengamat tersebut juga tidak membahas mengenai bubarnya Prabowo-Gibran.

Setelah menampilkan beberapa cuplikan tersebut narator dalam video hanya membacakan artikel opini dari laman Seaword.com yang membahas kemungkinan yang terjadi jika Prabowo menang Pilpres 2024, tidak ada bahasan ataupun bukti yang mengenai bubarnya Prabowo-Gibran.

Dengan demikian, kabar Prabowo-Gibran bubar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/12/18481831/tiba-di-kpu-bersama-gibran-prabowo-siap-debat-soal-ham

https://seword.com/politik/warning-orang-ini-sebut-tak-ada-jaminan-jokowi-UWgOW9WXal

= = =