[SALAH] DEMI SELAMATKAN INDONESIA JOKOWI DAN MEGAWATI TITIPKAN NKRI KE GANJAR DAN MAHFUD MD
By: Date: 25 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, isi dan thumbnail video tidak sesuai. Narasi yang menyatakan Jokowi dan Megawati menitipkan NKRI ke Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan Indonesia merupakan narasi yang salah.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695012817.269175/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
langkah senyap Mega kejutkan Indonesia,Ganjar-Mahfud MD akhirnya ditetapkan musuh Jokowi kepanasan

BREAKING NEWS
DEMI SELAMATKAN INDONESIA
JOKOWI – MEGA TITIPKAN NKRI KE GANJAR & MAHFUD MD

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan Jokowi dan Megawati menitipkan NKRI ke Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan Indonesia beredar dari channel youtube PINTER POLITIK.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim yang beredar. Isi video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari seword.com berjudul “Mahfud MD, Penjaga Hukum dan Kewibawaan NKRI” yang diunggah pada 15 Juli 2020.

Thumbnail dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima naskah rekomendasi eksternal dari kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Penutupan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu 23 Juni 2022.

Foto aslinya dimuat pada artikel antaranews.com berjudul “Penutupan Rakernas II PDI Perjuangan” yang diunggah pada 23 Juni 2022. Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Jokowi dan Mahfud MD.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jokowi dan Megawati menitipkan NKRI ke Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan Indonesia tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/umum/mahfud-md-penjaga-hukum-dan-kewibawaan-nkri-U82b8PKFs1

https://www.antaranews.com/foto/2957425/penutupan-rakernas-ii-pdi-perjuangan