[SALAH] Donald Trump: Ratu Elizabeth Memberikan Saya Gelar Bangsawan Secara Pribadi
By: Date: 30 September 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada kabar yang valid bahwa mantan Presiden AS Donald Trump mengaku kalau Ratu Elizabeth II telah memberinya gelar bangsawan Inggris secara pribadi. Tangkapan layar yang diduga dari unggahan media sosial milik Donald Trump, Truth Social, yang dikirim dari profilnya seperti dibuat-buat. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/Ela3Y

= = =

Narasi:

“I never told anybody but she knighted me in private”

Terjemahan:

“Saya tidak pernah memberi tahu siapa pun tetapi dia memberi saya gelar bangsawan secara pribadi“

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Twitter yang membagikan tangkapan layar dari media sosial buatan Donald Trump, Truth Social, bahwa presiden Amerika ke-45 dalam unggahannya mengaku kalau Ratu Elizabeth II telah memberinya gelar bangsawan Inggris secara pribadi.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada sumber yang valid terkait pengangkatannya dan pengakuannya kalau Ratu Elizabeth II telah memberikan Donald Trump gelar bangsawan. Dilansir dari Reuters.com, tangkapan layar yang beredar tersebut diduga telah dibuat-buat atau hasil manipulasi, penelusuran Reuters.com tidak ada bukti Donald Trump memposting pesan seperti itu di Truth Social, dari profil lini-masa maupun versi arsipnya. Mengutip dari Snopes.com, Liz Harrington, salah satu juru bicara Trump, mengonfirmasi bahwa unggahan tersebut palsu.

Dengan demikian, klaim Donald Trump mengaku diberikan gelar bangsawan secara pribadi oleh Ratu Elizabeth II merupakan hoaks dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/article/factcheck-trump-queen-idUSL1N30K1HN

https://www.snopes.com/fact-check/trump-queen-knighted-me/?utm_medium=Social&utm_source=Twitter#Echobox=1663594635-1

===

Editor: Bentang Febrylian