[SALAH] Erick Thohir Bersama FIFA dan PSSI Dukung Anies
By: Date: 26 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai dukungan Erick Thohir, FIFA, dan PSSI untuk Anies Baswedan. Narasi dalam video hanya berisi tanggapan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem terhadap Ganjar Pranowo yang menolak kedatangan timnas Israel.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684849155.387541/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Bisa Membawa Dunia Sepak Bola Lebih Baik:exclamation:Erick Tohir Bersama Fifa & Pssi Sepaket Dukung anies:bangbang:

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan klaim Erick Thohir bersama FIFA dan PSSI sepakat untuk mendukung Anies Baswedan. Hal tersebut dikaitkan dengan berhasilnya Erick membawa dunia sepak bola menjadi lebih baik usai pelantikannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa Erick bersama jajaran FIFA dan PSSI mendukung pencalonan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel milik Liputan 6 dengan judul “NasDem Klaim Anies Jadi Magnet Pilpres 2024 Usai Ganjar Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20”.

Dalam artikel yang diunggah pada 31 Maret 2023 tersebut berisi tentang tanggapan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Willy Aditya terhadap sikap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang menolak kedatangan timnas Israel ke Indonesia untuk ajang Piala Dunia U-20.

Menurut Willy, sikap Ganjar soal timnas Israel yang menuai polemik itu justru membuat kehebatan calon presiden (Capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan semakin tersorot. Bahkan, Willy mengklaim Anies menjadi pusat perhatian utama di Pilpres 2024.

=====

[REFERENSI]: