[SALAH] Fenomena Awan Mammatus di Mumbai, India
By: Date: 6 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Foto hasil editan. Foto awan Mammatus di langit Kota Mumbai, India tersebut adalah hasil editan oleh digital artist bernama Brent Shavnore.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI. 

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/ol4Tw

=====

NARASI:

“Mammatus Clouds over Mumbai”

Awan Mammatus di atas Kota Mumbai

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @SpaceHub_SL, yang membagikan postingan berupa foto gumpalan awan di atas langit kota. @SpaceHub_SL memberikan narasi bahwa foto tersebut adalah fenomena awan Mammatus di langit Kota Mumbai, India. 

Postingan @SpaceHub_SL berhasil dibagikan sebanyak 3 ribu kali dan disukai sebanyak 40 ribu pengguna Twitter. Setelah melakukan penelusuran fakta terkait, foto tersebut adalah hasil editan. 

Adapun pemilik karya aslinya bernama Brent Shavnore (@shavnore). Shavnore tidak memberikan keterangan secara eksplisit di postingannya bahwa foto Kota Mumbai disertai gumpalan awan tersebut adalah hasil editan. 

Namun jika dilihat dari bio di akun Instagramnya, Shavnore adalah seorang digital artist. Karya-karyanya kerap memotret pemandangan langit, awan mendung, dan badai. Beberapa postingannya ia sempat mempromosikan jasa workshop pelatihan digital editing. 

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @SpaceHub_SL adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah. 

=====

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CJmFxj6Dneh/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian