[SALAH] Foto “Banyak orang berdesak-desakan dan terdesak untuk bisa membeli AC murah di hari pembukaan chapter tersebut”
By: Date: 31 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi yang salah. Foto di postingan itu adalah foto ketika Chairul Tanjung meresmikan 9 gedung sekolah dan 3 rumah ibadah di Kabupaten Sigi pada 7 Desember 2023. Sementara foto orang yang pingsan tersebut merupakan foto suporter Malaysia yang pingsan saat mengantri untuk membeli tiket Piala AFF pada 9 Desember 2018.

Selengakpnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Chairul Tanjung (fb.com/100093070087033) pada 24 Mei 2023 mengunggah beberapa foto yang diantaranya menampilkan Chairul Tanjung yang sedang meresmikan sesuatu dan foto orang yang pingsan dengan narasi sebagai berikut:

“PENGKONDISIAN BAGI ORANG MISKIN… Banyak orang berdesak-desakan dan terdesak untuk bisa membeli AC murah di hari pembukaan chapter tersebut. Beberapa orang bahkan pingsan, tim penyelamat bekerja dengan kapasitas penuh. Kami tidak pernah mengharapkan ini terjadi lagi. Benar-benar minta maaf semuanya.”

Selengkapnya di archive.ph/J3lkB (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan Chairul Tanjung yang sedang meresmikan sesuatu dan foto orang yang pingsan yang diklaim sebagai orang yang berdesak-desakan untuk bisa membeli AC murah di hari pembukaan merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto di postingan itu adalah foto ketika Chairul Tanjung meresmikan 9 gedung sekolah dan 3 rumah ibadah di Kabupaten Sigi pada 7 Desember 2023. Sementara foto orang yang pingsan tersebut merupakan foto suporter Malaysia yang pingsan saat mengantri untuk membeli tiket Piala AFF pada 9 Desember 2018.

Foto identik yang menampilkan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT) bersama Ketua CT ARSA Foundation Anita Ratnasari Tanjung dan kedua anaknya bernama Putri dan Putra dimuat di artikel berjudul “Pesan Chairul Tanjung Saat Resmikan Gedung Sekolah di Pasigala” yang terbit di situs kabarselebes.id pada 7 Desember 2023. Dilansir dari artikel ini, Chairul Tanjung bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meresmikan 9 gedung sekolah dan 3 rumah ibadah yang sempat rusak akibat gempa, tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala 28 September 2018 silam.

Sementara itu, foto orang yang pingsan dimuat di artikel berjudul “Cổ động viên Malaysia ngất xỉu khi xếp hàng mua vé AFF Cup” (Terjemahan: Suporter Malaysia pingsan saat mengantri untuk membeli tiket Piala AFF) yang terbit di situs vietnamplus.vn pada 9 Desember 2018.

REFERENSI
https://www.kabarselebes.id/berita/2019/12/07/pesan-chairul-tanjung-saat-resmikan-gedung-sekolah-di-pasigala/
https://www.vietnamplus.vn/co-dong-vien-malaysia-ngat-xiu-khi-xep-hang-mua-ve-aff-cup/541167.vnp