[SALAH] “Foto berwarna Pertama dari Pesawat Ruang Angkasa China Zhurong yang mendarat di Mars”
By: Date: 28 Mei 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

BUKAN foto dari wahana Zhurong milik CNSA (China National Space Administration). FAKTANYA, video yang dibagikan adalah dari wahana Curiosity milik NASA (National Aeronautics and Space Administration, Amerika Serikat) ketika mendekati formasi batuan di Planet Mars yang dinamai “Mont Mercou”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Ini Foto berwarna Pertama dari Pesawat Ruang Angkasa China Zhurong yang mendarat di Mars Tgl. 15 Mei 2021,setelah menempuh perjalanan sejauh 500 jt km selama 7 bulan…”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video dari Curiosity milik NASA (National Aeronautics and Space Administration, Amerika Serikat) menghubungkan dengan peristiwa mendaratnya wahana Zhurong milik CNSA (China National Space Administration) di Planet Mars, sehingga menimbulkan premis/kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Sumber video, www.kuaishou.com: “Izinkan saya menunjukkan kepada Anda sebuah batu yang berada di Mars, 400 juta kilometer jauhnya dari bumi! # 快手 科普 #Mars penjelajah” (Google Translate Chrome extension) [2]

Salah satu foto yang identik, 3DNews: “Terlihat bahwa elemen struktur penjelajah tertutup lapisan debu berwarna coklat. Roda dalam proses bergerak di atas permukaan batuan mengalami kerusakan yang sangat serius, namun demikian, Curiosity terus memenuhi program ilmiahnya.” [3]

Foto lainnya yang berkaitan, NASA Jet Propulsion Laboratory: “Penjelajah Curiosity Mars NASA menggunakan dua kamera untuk membuat selfie ini di depan Mont Mercou, singkapan batu setinggi 6 meter. Panorama ini terdiri dari 60 gambar dari kamera MAHLI di lengan robot penjelajah bersama dengan 11 gambar dari Mastcam di tiang, atau “kepala”, penjelajah. Kredit: NASA / JPL-Caltech / MSSS” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Google (News), kata kunci: “nasa curiosity mont mercou” [5]

engadget: “Badan antariksa China telah merilis foto pertama yang diambil oleh penjelajah Zhurong di Mars, menunjukkan bagian dari pendaratnya dan planet merah itu sendiri. Misi Tianwen-1 tiba di tujuannya pada 15 Mei, menjadikan China negara kedua yang berhasil mendaratkan lunak di Mars setelah AS. Salah satu foto adalah gambar berwarna (di atas) yang diambil dengan kamera navigasi yang dipasang di bagian belakang rover. Ini menampilkan panel surya Zhurong dan antena terbuka, bersama dengan pemandangan tanah merah dan bebatuan planet ini.” [6]

BBC NEWS INDONESIA: “China telah merilis foto-foto pertama yang diabadikan oleh wahana penjelajahnya, Zhurong, di Planet Mars.” [7]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] video.kuaishou.com, https://bit.ly/3i5ipLk (dengan bahasa asli) / https://archive.md/xEtNs (arsip cadangan).

[3] 3dnews.ru: “Foto hari ini: potret diri mendetail dari penjelajah Curiosity dengan latar belakang pegunungan Mars” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/3wCH9i7 (dengan bahasa asli) / https://archive.md/trIJJ (arsip cadangan).

[4] jpl.nasa.gov: “Mars Rover Keingintahuan NASA Mengambil Selfie Dengan ‘Mont Mercou’” (Google Translate Chrome extension), https://go.nasa.gov/3wCwm7z (dengan bahasa asli) / https://archive.md/HrAen (arsip cadangan).

[5] https://www.google.com/search?q=nasa+curiosity+mont+mercou&tbm=nws, https://bit.ly/3vpuNK6 / https://archive.md/9UaBs (arsip cadangan).

[6] engadget.com: “China mengungkapkan foto Mars pertama yang diambil oleh penjelajah Zhurong”, https://bit.ly/3fR1wBx (Google Translate) / https://archive.st/azh9 (arsip cadangan).

[7] bbc.com: “China pertama kali mendaratkan wahananya di Mars, ‘foto-foto pertama’ dikirimkan”, https://bbc.in/3fPSe8W / https://archive.md/HhkXE (arsip cadangan).