[SALAH] Foto Bill Gates Dieksekusi Mati
By: Date: 5 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Foto Bill Gates yang diikat dan akan dieksekusi dengan suntikan mematikan tersebut diedit dari cuplikan video kampanye anti hukuman mati di US pada 2016.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/duBpE

=====

Narasi:
“ZAP ZAP!!!”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @QTHESTORMM mengunggah foto yang menunjukkan Bill Gates terikat dan akan dieksekusi mati. Cuitan dan foto yang diunggah pada 27 Desember 2023 tersebut telah disukai hampir 6,000 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 1,000 kali, serta telah dilihat 513,000 kali.

Setelah menelusuri foto tersebut dengan Google Reverse Image Search, foto tersebut adalah hasil manipulasi. Foto itu diambil dari cuplikan video kampanye menentang hukuman mati di Amerika Serikat yang diunggah oleh akun YouTube “Death Penalty Fail” tujuh tahun lalu. Bagian video asli yang diambil dan diedit wajah Bill Gates dapat dilihat pada menit ke 8:09 – 08.20.

Terlebih lagi, informasi serupa telah dibahas Reuters dengan judul “Fact Check: Image of ‘execution’ scene is altered to show Bill Gates” dan dikategorikan sebagai Altered.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @QTHESTORMM merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=LOwcyNTsaZ4

https://www.reuters.com/fact-check/image-execution-scene-is-altered-show-bill-gates-2023-12-29/