[SALAH] Foto Bunga Udumbara
By: Date: 18 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Foto yang ditampilkan bukanlah bunga udumbara, melainkan telur serangga Chrysopidae.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1701957557.640549/index.html (Media)

=====

[NARASI]:

“Keistimewaan lain yang terdapat pada bunga udumbara ini adalah ia kerap kali ditemukan mekar pada berbagai permukaan benda tak hanya pada tanah, namun juga pada logam, kayu, permukaan daun bahkan juga pernah ditemukan tumbuh melekat pada wajah patung budha. Bunga udumbara termasuk kategori parasit yang akan tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya walaupun memang tak akan terlalu berpengaruh dan merugikan karena ukurannya yang memang sangat kecil.”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah artikel yang diunggah oleh IDN Times membahas tentang keistimewaan bunga udumbara. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa bunga udumbara disebut sebagai bunga dari surga, bisa tumbuh di mana saja, memiliki wangi yang semerbak, erat dengan kebudayaan agama Buddha, serta dianggap sebagai pertanda datangnya pemimpin yang adil. Selain menjelaskan beberapa klaim keistimewaan bunga udumbara, artikel ini juga menyematkan beberapa foto yang diklaim sebagai wujud bunga udumbara.

Namun setelah dilakukan penelusuran, foto kedua pada artikel ini bukan merupakan wujud dari bunga udumbara. Foto yang disematkan adalah telur dari serangga Chrysopidae atau Green lacewings (lalat jala hijau).

Telur Chrypsopidae berbentuk oblong dan panjangnya 1/16 inci (1,5 mm) atau kurang. Masing-masing diletakkan di ujung tangkai sutra yang melekat pada tanaman. Telur berwarna hijau kekuningan pucat atau putih saat diletakkan, kemudian berubah menjadi hijau kebiruan dan akhirnya abu-abu sebelum menetas. Telur menetas sekitar 3-6 hari setelah diletakkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://en.wikipedia.org/wiki/Chrysopidae
– https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/lalat-jala-hijau-green-lacewings
– https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/program-studi/38-manajemen-pertanian-lahan-kering/topik-kuliah-praktek/perlindungan-tanaman/462-predator-hama-lalat-jala-hijau-green-lacewings
– https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/10/02/menyingkap-mitos-udumbara-parasit-paling-harum-pembawa-kabar-baik-dari-surga