[SALAH] Foto Kebakaran Hutan di Pakistan
By: Date: 4 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil perika fakta Fathia IS.

Klaim pada foto tersebut salah, faktanya foto tersebut tidak menunjukkan kebakaran di kawasan Sherani Koh Sulaiman provinsi Balochistan barat daya Pakistan pada Mei 2022. Gambar asli menunjukkan kebakaran tersebut terjadi di California pada 10 November 2018 dan di Australia pada 1 Desember 2019.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.ph/bX6z2

= = =
Narasi:
“Kebakaran yang terjadi di dua tempat di sepanjang Manda dan Mughal Kot di kawasan Sherani Koh Sulaiman itu telah menyebabkan kerugian miliaran rupiah, pohon-pohon berharga terbakar dan burung-burung berharga juga terbakar, tidak ada cara lain”

= = =
Penjelasan:
Beredar beberapa foto di Twitter yang diklaim merupakan foto kebakaran yang terjadi di kawasan Sherani Koh Sulaiman provinsi Balochistan barat daya Pakistan. Akibat dari kebakaran tersebut juga diklaim telah menyebabkan kerugian miliaran rupiah karena pohon-pohon dan burung-burung berharga ikut terbakar.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto tersebut menunjukkan kebakaran yang terjadi di beberapa tempat yang tidak ada kaitannya dengan insiden kebakaran yang diklaim tersebut.

Dilansir dari AFP, foto pertama merupakan kejadian di California pada 10 November 2018, foto kedua merupakan kejadian di Australia pada 1 Desember 2019, dan yang ketiga merupakan kebakaran di Wyoming yang sudah lama dipublish di CNN sejak 24 Juni 2012.

Dengan demikian klaim Foto Kebakaran Hutan di Pakistan merupakan hoaks dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32B24P9

= = =
Editor: Deddy Helsyanto