[SALAH] Foto “Pantai Ancol dipenuhi belasan ribua turis asing menanti gelaran #FormulaE”
By: Date: 5 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto Pantai Ancol. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Pantai Huntington di California, Amerika Serikat yang telah beredar sejak April 2020 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/xOdjJ

= = = = =

NARASI:

“Pantai Ancol dipenuhi belasan ribua turis asing menanti gelaran #FormulaE. #JakartaEPrix”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “aewin86” mengunggah sebuah foto pantai yang dipenuhi oleh pengunjung. Unggahan tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto Pantai Ancol yang dipenuhi oleh turis asing menjelang pelaksanaan FormulaE.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto Pantai Ancol. Foto serupa pertama kali diunggah dalam artikel LA Times pada 25 April 2020 dengan judul artikel “Southern California beaches fill up as people seek relief from the heat and weeks of staying home”. Foto tersebut juga digunakan dalam artikel lain berjudul “Newsom: State, local Orange County beaches must close temporarily” yang diunggah pada 30 April 2020.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “aewin86” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.latimes.com/california/story/2020-04-25/beaches-fill-up-as-people-seek-relief-from-heat-weeks-of-staying-at-home

https://wowrightmeow.com/a/newsom_state_local_orange_county_beaches_must_close_temporarily_28afc00199c70814cafe91cd1f3385d5

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian