[SALAH] Foto “Penampakan Bigfoot terlihat oleh seorang warga di Purwokerto yang sedang memancing”
By: Date: 21 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, unggahan yang sama pertama kali diunggah oleh akun Facebook Kenny Walker pada 15 April 2022 dengan klaim penampakan bigfoot di Wilmer, Alabama, Amerika Serikat. Namun, sang pengunggah mengakui bahwa unggahan tersebut dimaksudkan sebagai candaan April Fools.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Parodi

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/x6SPF

====
Narasi:

“18-04-22. Penampakan Bigfoot terlihat oleh seorang warga di Purwokerto yang sedang memancing. “Nyong ndelok ireng-ireng gedi duwur tak kiro pemain NBA lha kok wulune akeh eh jebul bigfoot”, ucap Reza (32).”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Afat (@Afat3K) mengunggah cuitan berupa beberapa foto yang diklaim sebagai penampakan bigfoot yang terlihat di Purwokerto pada 18 April 2022. Cuitan tersebut telah mendapat atensi berupa 39,7 ribu suka dan 4,6 ribu retweet.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan yang sama sebelumnya diunggah oleh akun Facebook Kenny Walker pada 15 April 2022 dengan klaim penampakan bigfoot di Wilmer, Alabama, Amerika Serikat. Namun, unggahan tersebut viral dan bahkan mengundang respon dari pihak kepolisian setempat. Mengutip dari situs radio 95.3 The Bear, Walker meminta maaf atas unggahannya yang sebenarnya ditujukan sebagai candaan April Fools.

“It was all intended to be an April fools joke in my hometown of Wilmer, Alabama. I posted the pictures that have been circling the internet for years. The photos do have similarities to Big Creek Lake here in Mobile, Alabama. The story went way further than I had expected. Multiple radio stations throughout many states and news reporters ran with the story,” jelas Walker.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Afat (@Afat3K) dikategorikan sebagai Konten Parodi.

====

Referensi:

https://www.facebook.com/walkerdk6/posts/663748771520810

https://953thebear.com/alabama-mans-april-fools-joke-gets-fake-news-coverage-nationwide/?trackback=fbshare_mobile

Editor: Bentang Febrylian